Potensi Hujan Masih Tinggi, BPBD Sultra Imbau Warga Waspada Banjir

TrubusNews
Ihsan Maulana
24 Mei 2018   20:45 WIB

Komentar
Potensi Hujan Masih Tinggi, BPBD Sultra Imbau Warga Waspada Banjir

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ SturmjaegerTobi)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terus mengimbau masyarakat di daerah setempat untuk mewaspadai bencana banjir. Imbauan ini dikeluarkan mengingat potensi hujan dengan intensitas tinggi masih bisa terjadi di wilayah ini.

"Pada setiap kesempatan kami selalu mengimbau warga supaya selalu waspada. Bencana bisa kapan saja terjadi, apalagi kalau cuaca hujan seperti saat ini terus terjadi," ujar kepala BPBD Sultra, Boy Ichwansyah di Kendari, Kamis (24/5).

Baca Lainnya : Di Wilayah Ini, Banjir dan Tanah Longsor Masih Berpotensi Terjadi

Boy menambahkan, hampir semua daerah di Sultra masuk dalam kawasan rawan banjir. Karena itu, imbauan tersebut berlaku pada semua warga kabupaten dan kota.

"Selain itu kami juga senantiasa berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota, untuk menyampaikan imbauan itu kepada warga. Agar ada langkah antisipasi," imbuhnya.

Ia menyebut, dalam dua minggu terakhir, sudah terjadi banjir di beberapa kabupaten dan kota, misalnya Kabupaten Buton Utara, Konawe Utara, Konawe, dan Konawe Selatan.

"Daerah terparah banjir itu di Konawe Utara, karena merendam puluhan desa dan menghanyutkan beberapa rumah warga. Sekitar 360 orang harus mengungsi," tambahnya.

Baca Lainnya : Cuaca Mencekam, Konawe Utara Ditetapkan Siaga Bencana

Ia menambahkan, kerugian yang berdampak kepada warga itu jelas berupa materi.

"Dari materi ya, sejumlah rumah rusak dan ratusan hektare sawah terendam banjir," sambungnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Kasus Kematian Akibat Covid-19 Naik Jadi 2.858 Jiwa

Peristiwa   28 Feb 2020 - 12:04 WIB
Bagikan: