Merapi dalam Tahap Awal Menuju Erupsi Magmatis, Artinya?

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
24 Mei 2018   11:31

Komentar
Merapi dalam Tahap Awal Menuju Erupsi Magmatis, Artinya?

Ini Penjelasan BPPTKG Soal Pijar Merah Saat Gunung Merapi Erupsi Freatik Pagi Tadi (Foto : Foto: Dok. BNPB)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, pijar merah yang terlihat saat letusan freatik Gunung Merapi pada pukul 02.56 WIB tadi, berasal dari dorongan gas yang bersumber dari magma.

"Pijar ini menunjukkan adanya material dari dalam gunung. Kondisi itu terjadi karena adanya dorongan gas dari magma," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida di Jogja, Kamis (24/5).

Adanya fenomena ini menunjukkan, fase erupsi freatik Gunung Merapi sudah berakhir. Meski demikian Hanik mengatakan, Gunung Merapi masih dalam tahap awal, menuju proses erupsi magmatis.

Dari data pengamatan pihaknya, sudah terjadi deflasi atau pengempisan di Gunung Merapi, yang dimaknai sebagai proses pengosongan dalam tubuh gunung. Pengosongan inilah yang memungkinkan magma bisa bergerak ke permukaan.

'Maka setelah terjadi pengempisan dan kosong, maka akan terisi," imbuhnya.

Hanik melanjutkan, Gunung Merapi dikenal sebagai gunung api dengan suhu yang tinggi, yang memiliki lava encer sehingga saat keluar, masih disertai gas yang sangat panas.

Meski begitu, BPPTKG menilai proses erupsi magmatis tidak harus selalu dimaknai sama seperti erupsi besar, seperti yang terjadi pada tahun 2010 silam.

Diketahui, erupsi yang terjadi pada tahun 2006 juga masuk dalam kategori erupsi magmatis, demikian juga dengan erupsi yang terjadi pada tahuj 2002.

"Serta erupsi magmatis juga terjadi di Gunung Kelud pada 2007 dengan munculnya kubah lava," pungkasnya.

Untuk itu Hanik mengimbau, agar masyarakat bisa tetap tenang dan selalu mencari informasi dari sumber yang terpercaya.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: