Cuaca Mencekam, Konawe Utara Ditetapkan Siaga Bencana

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Mei 2018   10:16 WIB

Komentar
Cuaca Mencekam, Konawe Utara Ditetapkan Siaga Bencana

Suasana banjir di Konawe, Sulawesi Tenggara (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini membuat Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara menetapkan status siaga bencana di wilayah tersebut.

Terlebih menyusul luapan Sungai Matabenua yang membuat permukiman warga di Kecamatan Langkikima dan Landawe terendam, bahkan beberapa rumah hancur karena keganasan luapan air yang sangat deras.

Bupati Konawe Utara Ruksamin juga sempat terjun langsung ke lokasi guna meninjau warga di Kecamatan Langkikima dan Landawe. Ia mengatakan kondisi banjir yang terjadi pada dua kecamatan tersebut sudah mulai berangsur-angsur surut, masyarakat juga mulai membersihkan rumah masing-masing.

Meski begitu, pihaknya masih tetap memberlakukan status siaga bencana.

“Siaga bencana masih diberlakukan agar masyarakat turus meningkatkan kewaspadaan terlebih jika sewaktu-waktu air sungai kembali meluap untuk bisa mengantisipasinya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan saat ini untuk meringankan beban korban banjir khususnya masyarakat yang kehilangan tempat tinggal, pemkab setempat berencana memfasilitasi pembangunan rumah secara stimulant. Selain itu, memberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara, warga yang terkena dampak banjir di Desa Polara Indah, Kecamatan Langkikima sebanyak 141 jiwa.

Sedangkan untuk dua desa di Kecamatan Landawe yakni Desa Landawe Utama terdapat 140 jiwa, dan di Desa Tambaku terdapat sekitar 130 jiwa.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: