BPBD Bantul Sediakan 750 Tangki Air Bersih untuk Warga di Bulan Ramadan

TrubusNews
Ihsan Maulana
23 Mei 2018   10:00 WIB

Komentar
BPBD Bantul Sediakan 750 Tangki Air Bersih untuk Warga di Bulan Ramadan

Air bersih (Foto : Foto: Ilustrasi, Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, akan membantu pemenuhan kebutuhan air bersih warga di wilayah rawan kesulitan air bersih, terlebih musim kemarau berbarengan dengan bulan Ramadan.

"Di bulan puasa ini, banyak kebutuhan air di daerah-daerah tertentu untuk keperluan ibadah, oleh karena itu kami fokus untuk penuhi kebutuhan air bulan ini," ujar Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto, Rabu (23/5).

Dwi menjelaskan, beberapa wilayah di Bantul berpotensi terdampak kekeringan saat kemarau, khususnya wilayah perbukitan Bantul timur yakni Kecamatan Piyungan, Dlingo, Pleret, Imogiri dan Pundong.

"Untuk itu kami sudah siapkan seluruh kemampuan yang ada, baik dari internal BPBD maupun koordinasi dengan dinas teknis lain yang memiliki dukungan armada. Kami juga menyiapkan air sekitar 750 tangki," imbuhnya.

Meski demikian, ia mengaku jika armada BPBD terbatas, sehingga tidak dapat menyalurkan air ke seluruh daerah yang dilaporkan terdampak kekeringan. Karenanya, BPBD melibatkan instansi lain jika permintaan bantuan air dari warga ke beberapa daerah disampaikan secara bersamaan.

Selanjutnya, ia mengimbau supaya warga yang kesulitan air bisa melapor ke perangkat desa setempat, sehingga bisa mengajukan permohonan bantuan air ke BPBD.

"Intinya, dropping air bersih itu untuk keperluan rumah tangga, jadi bukan untuk keperluan cuci, mandi dan sebagainya, tapi keperluan rumah tangga seperti memasak atau untuk konsumsi sehari hari," tegas Dwi. [KW]

Video menarik:

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: