BKP Cilegon Musnahkan 11 Ton Daging Celeng yang Akan Diselundupkan ke Pulau Jawa

TrubusNews
Syahroni
22 Mei 2018   23:00 WIB

Komentar
BKP Cilegon Musnahkan 11 Ton Daging Celeng yang Akan Diselundupkan ke Pulau Jawa

Pemusnahan daging celeng selundupan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lebih dari 11 ton daging celeng dimusnahkan petugas Balai Karantina Pertanian (BKP) Cilegon sepanjang tahun 2018. Daging celeng sebanyak itu merupakan hasil sitaan petugas dari tangan para penyelundup saat mereka baru turun dari kapal di Pelabuhan Merak, Banten.

Kepala BKP kelas II Cilegon, Raden Nurcahyo Nugroho mengatakan, sebanyak 11.885 kilogram daging celeng selundupan itu diketahui berasal dari daerah Sumatera dengan tujuan Pulau Jawa. Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, jajarannya pun kini terus memperketat pengawasan, khususnya di bulan Ramadan.

"Target kami siapa pun yang memasukkan daging celeng ilegal tersebut target kami akan dikenakan sanksi pidana. Itu untuk memberikan efek jera bagi siapa pun yang memasukkan daging celeng ilegal," katanya kepada wartawan usai pemusnahan barang bukti daging celeng di Cilegon, Selasa (22/5).

Nurcahyo mengungkapkan, pengetatan pengawasan dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menindak para pelaku penyelundup daging celeng.

"Kami kerjasama dengan berbagai instansi nanti akan ada action baik secara kelihatan maupun tidak, kita tetap bergerak," tuturnya.

Sementara itu, dirinya juga memastikan, selama bulan Ramadan, pengiriman produk pangan dan hewan semua dalam keadaan baik. Tidak terdapat sedikitpun penyakit pada hewan yang bisa membahayakan kesehatan manusia.

"Untuk komunitas legal kita pastikan sehat, segar, dan utuh," tandasnya. [RN] 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: