Selama Dolar Naik, Harga Daging Ayam Tidak Akan Mau Turun?

TrubusNews
Syahroni
22 Mei 2018   21:15 WIB

Komentar
Selama Dolar Naik, Harga Daging Ayam Tidak Akan Mau Turun?

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Harga komoditas daging ayam diprediksi belum akan turun dalam waktu dekat. Hal ini terjadi lantaran hingga saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah.

Keterkaitan melemahnya rupiah terhadap dolar, pada harga komoditas daging ayam sangat erat lantaran hingga saat ini, pakan ternak, khususnya ayam, masih bergantung dari bahan-bahan impor. Hal itu disampaikan Sudirman, Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT), Selasa (22/5). 

Baca Lainnya : Dolar Melambung Tinggi, Pelaku Industri Pakan Ternak Gigit Jari

Sudirman menyebut, saat ini nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) sudah tembus Rp 14.200. Karena itu, GPMT pun memprediksi harga pakan ternak akan ikut naik juga.

Dijelaskan, kenaikan dolar terkait dengan impor bahan baku pakan ternak seperti bungkil kedelai hingga tepung daging yang selama ini masih mengandalkan pasokan dari luar negeri. Nah, harga bahan baku tersebut sekarang naik seiring penguatan nilai tular dolar AS terhadap rupiah

"Ini bungkil kedelai dan tepung daging dan tulang kan impor jadi harganya naik. Kalau bungkil kedelai dari Rp 5.200 per kilogram (kg) jadi Rp 7.600 per kg kalau tepung daging dan tulang naik dari Rp 7.900 per kg menjadi Rp 8.500 per kg," kata Sudirman.

Baca Lainnya : Petani Sulit Temukan Pakan Ternak yang Kualitasnya Stabil

Menurutnya, kenaikan harga bahan baku ternak bisa menyebabkan harga pakan ternak naik, namun tidak akan di atas 10 persen. Ini karena persaingan di antara pengusaha makanan ternak cukup ketat dan masing-masing masih mempunyai stok bahan baku.

"Ada ya seharusnya naik di atas 10 persen dengan hitungan. Tapi paling naikin 2 sampai 3 persen, karena persaingan ketat. Setiap pabrik memiliki stok masing-masing. Apakah ada yang stok, harga murah jadi kalau di pasar persaingannya cukup ketat nggak langsung naik," sambungnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: