Status Gunung Merapi Naik jadi Waspada, Mensos Minta Tagana Siap Siaga

TrubusNews
Ihsan Maulana
22 Mei 2018   17:15 WIB

Komentar
Status Gunung Merapi Naik jadi Waspada, Mensos Minta Tagana Siap Siaga

Menteri Sosial RI, Idrus Marham (Foto : Doc/ partaigolkar.or.id)

Trubus.id -- Berada di tingkat waspada level II, bencana bisa kapan saja terjadi di sekitar kawasan Gunung Merapi. Karena itu, Menteri Sosial RI, Idrus Marham meminta seluruh jajarannya, khususnya Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk bersiap siaga dalam mengantisipasi dampak aktivitas vulkanis Gunung Merapi. 

"Saya perintahkan agar Tagana siap siaga mengingat status Merapi yang naik menjadi waspada," pungkas Idrus di Jakarta, Selasa (22/5).

Baca Lainnya : Gawat, Jalur Evakuasi Gunung Merapi Rusak Parah

Selain itu, instruksi siaga juga telah ditujukan pada seluruh jajaran Kementerian Sosial. Pasalnya, bencana alam berpotensi menimbulkan beragam masalah sosial lain setelahnya.

"Tentu saya akan ke sana lagi untuk meninjau tergantung situasi terkini di lapangan," tambahnya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Merapi menjadi waspada pada tanggal 21 Mei pukul 23.00 WIB. Langkah ini diambil setelah gunung api itu mengalami serangkaian letusan freatik.

Baca Lainnya : Status Waspada, Radius Tiga Kilometer Gunung Merapi Harus Dikosongkan

Area di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi juga harus dikosongkan, dan tidak boleh ada aktivitas warga dan kegiatan pendakian untuk sementara waktu. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: