Status Sudah Ditingkatkan, Warga Lereng Merapi Tidak Perlu Mengungsi?

TrubusNews
Ihsan Maulana
22 Mei 2018   14:45 WIB

Komentar
Status Sudah Ditingkatkan, Warga Lereng Merapi Tidak Perlu Mengungsi?

Letusan freatik Gunung Merapi, Senin (21/5). (Foto : Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Status Gunung Merapi resmi dinaikan menjadi waspada sejak Senin (21/5) malam. Terkait peningkatan status ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan, dalam kondisi ini belum perlu ada pengungsian besar-besaran.

"Untuk status waspada itu belum perlu ada pengungsian seharusnya," ungkap Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, kepada awak media di Pusdalops BPBD DIY, Selasa (22/5).

Baca Lainnya : Status Waspada, Radius Tiga Kilometer Gunung Merapi Harus Dikosongkan

Ia menjelaskan, walau dengan status waspada, masyarakat masih dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Meski demikian, mereka diimbau untuk tetap waspada setiap saat. Mereka juga diminta harus bersiap mengungsi jika sewaktu-waktu status Gunung Merapi naik lagi menjadi siaga.

"Warga perlu waspada saja, belum perlu ada pengungsian karena belum adanya ancaman dan risiko," imbuhnya.

Sementara itu, Manager Pusdalops BPBD DIY, Danang memaparkan, warga di sekitar Gunung Merapi yang mengungsi dini hari tadi merupakan inisiatif sendiri, dan bukan arahan dari BPBD atau relawan.

Baca Lainnya : Status Gunung Merapi Waspada, Sultan HB X Minta Masyarakat Tidak Panik

"Yang dilakukan masyarakat itu merupakan proses reaktif. Jadi mereka menyikapi situasi kemudian reaktif, termasuk warga dengan modal sosial dan kesiapsiagaannya mereka melakukan evakuasi mandiri," tandasnya. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: