Rusak Parah Dilalui Truk, Warga Sleman Swadaya Perbaiki Jalur Evakuasi Gunung Merapi

TrubusNews
Ihsan Maulana
22 Mei 2018   11:15 WIB

Komentar
Rusak Parah Dilalui Truk, Warga Sleman Swadaya Perbaiki Jalur Evakuasi Gunung Merapi

Merapi erupsi (Foto : Foto: Dok BNPB)

Trubus.id -- Sejumlah warga Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, secara swadaya  memperbaiki jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah setempat. Langkah ini mereka lakukan setelah jalur evakuasi tersebut sudah rusak parah dilalui truk pasir yang melintas.

"Jalur evakuasi untuk bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah kami, saat ini kondisinya sangat bagus, warga disini swadaya dan gotong royong memperbaiki jalan yang rusak parah akibat dilalui truk pengangkut pasir itu," ujar Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto, Selasa (22/5).

Warga setempat sudah menyadari, jika jalur evakuasi dari kawasan rawan bencana (KRB) II di Dusun Kopeng hingga Dusun Jambu, sangat vital dalam upaya mengantisipasi dan mengurangi dampak bencana erupsi Merapi.

"Apa yang dilakukan ini murni swadaya warga, tanpa ada bantuan dari pemerintah," tambahnya.

Heri menambahkan, jalur evakuasi itu kini sudah dibeton sehingga lebih bagus dan mulus. "Kualitas beton cornya juga standar nasional yakni K-375, sehingga sangat kuat," imbuhnya.

"Jalur evakuasi dari Dusun Jambu hingga Dusun Geblok juga sudah mulus, sudah diaspal lebih bagus sekarang," sambungnya.

Adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang ditandai dengan letusan freatik beruntun disertai aktivitas kegempaan, membuat Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi di Pusat Vulkakonologi dan Mitigasi Bencana Geologi, menaikkan status Gunung Merapi dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II), sejak Senin (21/5) pukul 23.00 WIB.

Area di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi juga harus dikosongkan dan tidak boleh ada aktivitas masyarakat. Begitu juga dengan kegiatan pendakian untuk sementara waktu dilarang, kecuali untuk kegiatan penyelidikan dan penelitian terkait mitigasi bencana.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Kasus Kematian Akibat Covid-19 Naik Jadi 2.858 Jiwa

Peristiwa   28 Feb 2020 - 12:04 WIB
Bagikan: