Merapi Erupsi Lagi Petang Tadi, Sebagian Wilayah Sleman, Hujan Abu

TrubusNews
Syahroni
21 Mei 2018   20:45 WIB

Komentar
Merapi Erupsi Lagi Petang Tadi, Sebagian Wilayah Sleman, Hujan Abu

Erupsi freatik gunung Merapi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat petang menjelang. Ketika sebagian umat muslim di sekitar kaki gunung hendak berbuka puasa, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi. Dampaknya, hujan abu dilaporkan terlihat di berbagai wilayah di Sleman bagian utara.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan menyebutkan, erupsi freatik kedua di hari ini (21/5) terjadi pukul 17.50 WIB tadi. 

Baca Lainnya : Tak Ada Gejala Awal Sebelum Letusan Freatik Gunung Merapi Terjadi

"Pukul 17.50 WIB letusan freatik Merapi. Petang ini dilaporkan terjadi hujan abu di sejumlah titik," kata Makwan, Senin (21/5) malam.

Menurut data Pusdalops BPBD Sleman yang terupdate pukul 19.00 WIB, sejumlah titik yang terkena dampak hujan abu vulkanik yakni Kalitengahlor pukul 18.37 WIB, kemudian disusul hujan abu terjadi di Desa Glagaharjo, Kepuharjo, dan Umbulharjo Kecamatan Cangkringan.

Di Desa Purwobinangun, Hargobinangun, dan Kaliurang Kecamatan Pakem, hujan abu juga menyusul kemudian. Meski demikian, ia menyebut kalau hujan abu tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas warga.

Baca Lainnya : Kondisi Terkini Satwa Usai Letusan Freatik Gunung Merapi

"Tapi kami imbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati, serta tidak panik. Cermati berita dan informasi yang beredar, teliti sumber dan waktunya," jelasnya. 

Sebagai langkah penanganan, BPBD Sleman sendiri sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat untuk memantau situasi dan kondisi terkini. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait terkait berbagai hal mulai dari penanggulangan hingga penanganan bencana ini. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: