Persediaan Kosong, PMI Ciamis, Jemput Pendonor Darah ke Masjid-masjid

TrubusNews
Syahroni
21 Mei 2018   22:00 WIB

Komentar
Persediaan Kosong, PMI Ciamis, Jemput Pendonor Darah ke Masjid-masjid

Donor darah di bulan Ramadan digelar usai berbuka puasa atau setelah Salat Tarawih. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Upaya 'jemput bola' terpaksa dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis. Langkah ini diambil lantaran persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Ciamis kini sudah kosong.

Upaya 'jemput bola' ini sendiri terpaksa dilakukan untuk mendorong para donor agar mau menyumbangkan darah mereka usai buka puasa atau setelah salat tarawih. Karena itu, sejumlah masjid pun akan disambangi. 

Baca Lainnya : Bulan Ramadan, PMI Kota Madiun Buka Layanan Tranfusi Darah Malam Hari

"Persediaan darah di PMI Ciamis bisa dikatakan kosong. Adapun yang tersimpan sebanyak 183 labu itu sudah berlabel dan dipesan. Terutama untuk penderita talasemia dan cuci darah yang tidak boleh tidak saat jadwal harus dilaksanakan," ujar Tete, Staf UTD PMI Ciamis di kantornya di jalan Tentara Pelajar, Ciamis, Senin (21/5/).

Upaya pemenuhan persediaan darah jelang Ramadan diakui Tete sebelumnya pernah dilakukan. Namun karena permintaannya yang cukup tinggi, hingga hari ke 5 bulan Ramadan ini, persediaannya sudah tidak ada lagi. 

Tete mengungkapkan, kebutuhan darah di PMI Ciamis cukup tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan pasien talaesmia maupun cuci darah di RSUD Ciamis saja, dibutuhkan 800-1.000 labu per bulannya. 

Upaya untuk memenuhi permintaan dari luar daerah juga dirasa Tete tidak bisa mengatasi masalah ini. Pasalnya, diberbagai daerah, kondisi serupa juga hampir terjadi. 

Baca Lainnya : PMI Malang Siapkan Bingkisan, untuk Pendonor di Bulan Ramadan

"Kalau ada yang membutuhkan darah ditekankan dari keluarga atau donor pengganti. Tidak mungkin juga kami mendatangkan dari luar daerah, kondisi kekurangan persediaan juga mungkin dialami daerah lain," ujar Tete.

Untuk itu, Tete mengatakan, UTD PMI Ciamis akan berupaya agar darah tetap tersedia untuk yang membutuhkan. Dengan melakukan kegiatan donor darah usai buka puasa atau setelah solat tarawih yang bekerja sama dengan DKM. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: