Baru Sebulan Ditanam, Sawah Petani Mukomuko, Diserang Hama

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
21 Mei 2018   16:45

Komentar
Baru Sebulan Ditanam, Sawah Petani Mukomuko, Diserang Hama

Hama menggerogoti tanaman padi para petani. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Para petani di Kabupaten Mukomukoa, Provinsi Bengkulu tengah resah. Seluas empat hektare tanaman padi milik Kelompok Tani Harapan Maju, Desa Pauh Terenja, Kabupaten Mukomuko, kini diserang hama ulat dan kresek. Tragisnya, padi yang mereka tanam baru berumur sebulan.

Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, memberikan bantuan empat liter insektisida, serta dua kilogram bakterisida kepada para petani untuk mencegah hama menjalar ke areal persawahan lain.

Baca Lainnya : Serangan Hama Ganas, Petani Parigi Terancam Gagal Panen

"Kemarin sudah kami serahkan insektisida dan bakterisida kepada kelompok tani tersebut, selanjutnya mereka yang menggunakan insektisida dan bakterisida untuk mengatasi hamanya," ujar Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtukultura, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sugiyanto di Mukomuko, Senin (21/5)

Ia mengungkapkan, sebetulnya kelompok tani di desa tersebut sejak beberapa hari terakhir, sudah secara swadaya melakukan pengendalian hama dengan fungisida dalam melawan penyakit kresek. Namun upaya mereka belum membuahkan hasil.

Baca Lainnya : Ratusan Hektar Sawah di Probolinggo Diserang Hama Wereng

Maka dari itu, kelompok tani setempat meminta bantuan dari dinas terkait, untuk pengendalian penyakit kresek yang menyerang tanaman padi milik mereka.

Sugiyanto berharap, bantuan insektisida dan bakterisida itu bisa mengatasi hama ulat dan kresek, dan penyebarannya tidak meluas sehingga membahayakan tanaman padi warga lainnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: