Mentan Ingin Pendapatan Petani Meningkat Pesat

TrubusNews
Ihsan Maulana
21 Mei 2018   13:15 WIB

Komentar
Mentan Ingin Pendapatan Petani Meningkat Pesat

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Kementerian pertanian menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pertanian Nasional Tahun 2018. Acara ini digelar sejak tanggal 21-25 Mei 2018 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Dalam Musrembang kali ini, Kementan mengangkat tema  'Pembangunan Infrastruktur dan Korporasi Petani untuk Percepatan Peningkatan Produksi dan Ekspor Pangan Serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin'.

Baca Lainnya : Kementan Berikan Bimbingan 180 Manajer Pemuda Tani

Dalam pembukaan Musrembang yang dihadiri seluruh pejabat eselon II Kementan, Kepala Dinas Provinsi serta sejumlah pejabat daerah itu, Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman menyampaikan pentingnya meningkatkan pendapatan para petani.

Dalam pidato sambutannya, Amran mengatakan, ia ingin pendapatan petani Indonesia meningkat menjadi Rp 316 triliun per tahun. Karena itu lah, untuk mewujudkannya diperlukan perencanaan regulasi sampai pembangunan infrastruktur lebih dulu. Seperti regulasi baru dengan mencabut regulasi lama yang menghambat, serta infrastruktur dengan pengadaan alat mesin.

"Jadi ini mengubah regulasi kita yang tadinya 241 kita cabut yang enggak cocok, akhirnya investasi naik Rp 23 triliun sampai Rp 24 triliun, jadi Rp 40 triliun rata-rata. Lalu, alat mesin pertanian enggak bisa maju tanpa mesin dan meningkat jadi 23%," ujarnya dalam kesempatan itu, Senin (21/5).

Baca Lainnya : Kementan Ciptakan Petani Champion untuk Capai Swasembada Pangan

Ia menyebut, dengan begitu, potensi pendapatan petani bisa naik jadi Rp 316 triliun per tahun.

"Jadi akhirnya meningkatkan kesejahteraan para petani kan," lanjutnya.

Amran menambahkan, hal tersebut sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), yang di mana ekspor pertanian meningkat hingga 6,11% pada bulan April lalu. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: