Tingkatkan Mitigasi Bencana, BPBD Boyolali Kembangkan Sikabi

TrubusNews
Ihsan Maulana
21 Mei 2018   10:00 WIB

Komentar
Tingkatkan Mitigasi Bencana, BPBD Boyolali Kembangkan Sikabi

Anak SD sedang dikenalkan dengan alat evakuasi milik BNPB (Ilustrasi), Trubus.id / Ihsan Maulana (Foto : Ihsan Maulana/ trubus.id)

Trubus.id -- Dalam upaya terus menurunkan dampak bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali mengembangkan Sistem Informasi Kebencanaan Boyolali (Sikabi).

Nantinya, sistem ini akan mencakup pelaporan dini kejadian bencana selama 24 jam, untuk mempercepat penanggulangan dampaknya.

Kepala BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinungharjo menjabarkan, Sikabi dibuat untuk mempercepat respons sebelum bencana, saat bencana, dan pascabencana, dalam meminimalkan dampak bencana alam.

Nantinya, aplikasi sikabi yang dikembangkan bersama perguruan tinggi itu, selama 24 jam akan merekam semua laporan dan informasi dari sukarelawan mengenai kejadian bencana alam.

Sebagai pihak penyedia sistem, Kristoko mengatakan, jika sistem laporan sudah tersimpan di server, maka secara otomatis mengirim pesan ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Boyolali.

Dengan demikian, pemerintah bisa menjadi pihak pertama yang mengetahui informasi valid terkait bencana, serta bisa cepat mengambil langkah penanganan selanjutnya.

Setiap warga di lokasi bencana alam, juga bisa langsung melaporkan kejadian bencana kepada pihak BPBD Kabupaten Boyolali, melalui layanan SMS.

"Jadi SMS ini dirasa cukup membantu, karena tidak semua warga memiliki alat telekomunikasi terbaru, ditambah kondisi di lapangan sangat terkendala sinyal operator saat terjadinya bencana," tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: