ITF, Solusi Tepat Buat Jakarta Mengatasi Sampah

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
20 Mei 2018   17:00

Komentar
ITF, Solusi Tepat Buat Jakarta Mengatasi Sampah

Sandiaga Uno: Setiap tahun, volume sampah di DKI Jakarta semakin bertambah. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Setiap tahun, volume sampah di DKI Jakarta semakin bertambah. Untuk mengatasi tumpukan sampah yang menggunung itu, harus segera dicarikan solusi. Dan, salah satu solusi agar Jakarta terbebas dari sampah ialah rencana Pemprov Jakarta membangun fasilitas pengelolahan sampah dalam kota, intermediate treatment facility (ITF).

"Hari ini kita melakukan start opening dari ITF Sunter. Program yang sudah dicanangkan sejak beberapa tahun lalu, akhirnya kita bisa mewujudkan. Kita juga akan berkolaborasi dengan internasional, perusahaan BUMD,” ucap Sandiaga kepada wartawan usai membuka acara pembangunan ITF Sunter di Jakarta Utara, Minggu (20/5).

Dari segi pendanaan, Sandi menegaskan jika pihak asing turut membantu.

“Alhamdullilah, dari segi pendanaan, world bank akan ikut berpartisipasi melalui AFC, baik yang konvensional ataupun pendanaan yang berkaitan dengan green energy,” sambungnya.

Baca Lainnya : Pemprov Jakarta Siap Bangun Pengolahan Sampah Jadi Energi Terbesar di Indonesia

Ia melanjutkan, “Untuk pendanaan sendiri, kita menggunakan skema yang sangat efisien keuangannya, di mana kita akan gunakan beberapa fasilitas dari Finlandia yang mendanai proyek pertama dan terbesar di Indonesia,” ungkap Sandi.

Pembangunan ITF untuk menghasilkan energi terbarukan dari sistem pengolahan sampah yang berstandar internasional tak hanya dibangun di satu lokasi saja.

“Ke depannya, kita akan membangun ITS di Marunda, Kosambi, dan Cakung,” paparnya.

Menurut Sandi, ITF perlu segera dibangun untuk mengurangi volume sampah di DKI Jakarta agar dapat diubah menjadi energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: