Asian Para Games 2018 Tunjukkan Indonesia Ramah Penyandang Disabilitas

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
20 Mei 2018   06:00

Komentar
Asian Para Games 2018 Tunjukkan Indonesia Ramah Penyandang Disabilitas

(Foto : Dok Kemenko PMK)

Trubus.id -- Staf Ahli Menko PMK bidang Multikulturalisme, Restorasi. Sosial dan Jati Diri Bangsa, Haswan Yunaz, menghadiri sekaligus mewakili Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, pada rapat pleno nasional Indonesia Para Games Organizing Committee (INAPGOC) 2018 Sabtu (19/5) petang. Turut hadir dalam rapat ini Menpora Imam Nachrawi, Mensos Idrus Marham, jajaran INAPGOC.

Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, dalam laporannya menyampaikan bahwa sudah 42 negara yang mendaftar untuk mengikuti 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Adapun jumlah atlet yang dipastikan bertanding mencapai 2.300 atlet dan 1.500 official

“Jumlah ini sesungguhnya sudah melebihi estimasi panitia. Untuk Asian Para Games 2018 ini, ada cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan yaitu catur,” katanya. 

Baca Lainnya : Jelang Asian Games 2018, BPPT dan BNPB Akan Lakukan Modifikasi Cuaca

Raja mengungkapkan, Asian Para Games 2018 akan berlangsung di 10 titik venue yang ada di sekitar Jakarta. Namun, jelang pesta olahraga khusus penyandang disabilitas ini resmi berlangsung seusai penyelenggaraan Asian Games 2018 September mendatang, akan digelar test event Asian Para Games terlebih dulu yang mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu para athletic, para swimming, para badminton, para basket ball, dan para tenis meja. Test event akan dimulai pada 25 Juni hingga 3 Juli 2018 nanti.

Raja mengatakan, jika waktu penyelenggaraan Asian Para Games sudah semakin dekat, event olahraga penyandang disabilitas terbesar se-Asia ini akan melalukan reli obor (torch rally) yang sumber apinya diambil dari sumber api abadi di Merapen. 

Reli obor lalu akan berkeliling Indonesia yang dimulai dari Kota Solo, Denpasar, Ternate, Makassar, Pontianak, Pangkal Pinang, dan berakhir di Jakarta.

Baca Lainnya : Ketua INASGOC: Asian Games 2018 Dorong Sektor Pariwisata

“Asian Para Games ini bukan sekadar pertandingan olahraga tetapi kita menjalankan misi kemanusiaan sambil kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang ramah terhadap penyandang disabilitas,” kata Raja menutup laporannya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial Idrus Marham dalam arahannya menegaskan bahwa sukses penyelenggaraan Asian Para Games berarti tidak hanya sukses prestasi, ekonomi, tetapi juga sukses menjalankan misi kemanusiaan.

“Misi yang diartikan bahwa penyandang disabilitas selalu didukung penuh untuk terus mengukir prestasinya,” kata Mensos. 

Baca Lainnya : Asian Games 2018 Sudah di Depan Mata, Masalah Genangan Air dan Listrik di Jakarta Masih Ditata

Sementara itu Menpora dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa akan ada bonus yang nilainya dua kali lipat dari atlet Asian Games 2018 untuk setiap satu medali emas yang berhasil diraih oleh atlet Para Games 2018 asal Indonesia.

“Kami juga mengupayakan bahwa sekitar 30 persen atlet Asian Para Games dari total 300 atlet yang mengikuti Asian Games 2018 akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil,” ujar Menpora. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: