Macan Tutul yang Dievakuasi dari Sukabumi, Langsung Dilepasliarkan

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Mei 2018   14:15 WIB

Komentar
Macan Tutul yang Dievakuasi dari Sukabumi, <i>Langsung Dilepasliarkan</i>

Macan Tutul yang diamankan dari kolong rumah warga Sukabumi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Seekor macan tutul yang bersembuyi di kolong rumah warga Sukabumi, akhirnya berhasil dievakuasi dini hari tadi. Satwa dilindungi itu berhasil diamankan setelah terkena tembakan bius petugas.

Usai diamankan, satwa liar itu akhirnya dilepasliarkan ke habitatnya di alam bebas.

Baca Lainnya : Hii... Ada Macan Tutul Sembunyi di Kolong Rumah Warga Sukabumi

Sebelumnya diketahui, macan tutul berusia sekitar 1,5 tahun itu bersembunyi selama 14 jam di kolong rumah warga. Usai Dievakuasi, macan tutul itu sempat dibawa ke Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BB TNGGP).

Satwa tersebut dibawa dan diangkut menggunakan kandang besar yang sekelilingnya ditutup menggunakan terpal.

“Macan tutul dilepas di area vegetasi perbatasan TNGGP, dini hari tadi. Begitu kandang di buka macan tutul itu langsung berlari dan menghilang di balik rimbunan pohon,” Kata Wahyu, dokter hewan PPSC kepada wartawan, Jumat (18/5).

Tak lama setelah satwa liar itu sadar dari bius, ia langsung diperiksa secara menyeluruh. Hasilnya tim medis tidak menemukan gejala penyakit yang membahayakan. Karena itu proses pelepasliaran berlangsung sangat cepat.

Baca Lainnya : Macan Tutul yang Sembunyi di Kolong Rumah Warga, Berhasil Ditangkap

Wahyu menambahkan, tanda fisik dan hasil observasi usai dilakukan pembiusan menjadi alasan tim melepaskan macan tutul tersebut dengan segera agar kondisinya tidak stres.

"Semakin lama satwa liar itu di amankan akan semakin besar ia bisa kembali ke alam liar. Waktu dilepaskan satwa tersebut memang sedikit kehilangan arah, tapi ini pilihan terbaik, nantinya ia akan bisa menyesuaikan dirinya kembali," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: