Masih Musim Pancaroba, Masyarakat Sampang Waspadai 3 Bencana Ini

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
18 Mei 2018   09:45

Komentar
Masih Musim Pancaroba, Masyarakat Sampang Waspadai 3 Bencana Ini

Musim pancaroba, Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Meski sebagian daerah di Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang, Jawa Timur, tetap mengimbau agar masyarakat mewaspadai tiga jenis bencana alam selama masa transisi musim ini.

Kepala BPBD Pemkab Sampang Anang Djonaedi menjelaskan, ketiga jenis bencana itu adalag angin kencang, puting beliung dan kebakaran.

"Hal ini kami imbau karena berdasarkan dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya. Ketiga jenis bencana itu selalu terjadi saat musim transisi, seperti sekarang ini," papar Anang di Sampang, Jumat (18/5).

Ia menambahkan, dari prakiraan  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya yang disampaikan ke BPBD Pemkab Sampang, sejak bulan April, Indonesia telah memasuki musim kemarau.

"Meski demikian, dalam memasuki musim kemarau, hujan masih turun di beberapa wilayah dengan intensitas ringan hingga sedang," imbuhnya. Masyarakat juga diminta lebih hati-hati jika membakar sampah, karena berpotensi memicu kebakaran yang lebih besar.

Di sisi lain, BPBD Pemkab Sampang mencatat, sebanyak empat kecamatan terdata rawan dilanda angin puting beliung, yakni Tambalangan, Karang Penang, Kedungdung dan Robatal.

Letak geografis dari keempat wilayah tersebut berada di perbukitan. Selain rawan puting beliung, kawasan ini juga rawan longsor bila musim hujan.

"Saya tekankan sekali lagi, untuk masyarakat khsususnya yang tinggal di wilayah tengah Sampang seperti Tambalangan, Robatal, Karang Penang dan Kedungdung, harus lebih waspada terhadap kemungkinan adanya angin puting beliung," tegas Anang. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: