KLHK Akan Bangun Fasilitas Pemanfaatan Limbah Non-B3 Menjadi Energi

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Mei 2018   23:34 WIB

Komentar
KLHK Akan Bangun Fasilitas Pemanfaatan Limbah Non-B3 Menjadi Energi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan 6 kabupaten dan 6 universitas, tengah membangun fasilitas pemanfaatan limbah non-B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) menjadi energi.

Kerja sama tersebut dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Katingan, Pasangkayu, Deli Serdang, Belitung Timur dan Kotabaru.

Baca Lainnya : Tangani Tumpukan Limbah Medis, KLHK Lakukan Terobosan

Sementara itu, 6 universitas yang ikut terlibat dalam proyek ini adalah Universitas Riau, Universitas Palangkaraya, Universitas Tandulako, Universitas Sumatera Utara, Universitas Bangka Belitung dan Universitas Lambung Mangkurat.

Fasilitas yang akan dibangun di 6 kabupaten tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi percontohan untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi tidak terbarukan.

"Pembangunan fasilitas pemanfaatan limbah non B3 biomassa menjadi energi ini bermanfaat dalam mengurangi timbulan limbah B3 sebesar 20 ton per bulan. Bisa menjadi sumber energi alternatif gas dan elektrifikasi dengan perkiraan 12 m3 per ton per hari setara dengan 5,4 kg LPG per ton per hari," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, Kamis (17/5).

Baca Lainnya : Setiap Hari, Limbah Medis Capai 366 Ton dari 2.813 Rumah Sakit

Indonesia saat ini masih tergantung pada energi tidak terbarukan (unrenewable energi) seperti minyak bumi dan batu bara. Menurut Kementerian ESDM (2012), penggunaan minyak bumi mencapai 63% dari total energi yang digunakan. Sedangkan cadangan minyak bumi Indonesia kini tersisa hanya untuk 18 tahun ke depan saja.

Cadangan batubara Indonesia relatif besar namun kualitasnya berkalori rendah, dan mengakibatkan dampak kurang baik pada lingkungan. Padahal, energi terbarukan berpotensi menyokong kebutuhan energi di Indonesia. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: