Kemendag dan Kemenhub Pastikan Distribusi Bapok Lancar Saat Ramadan

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Mei 2018   19:45 WIB

Komentar
Kemendag dan Kemenhub Pastikan Distribusi Bapok Lancar Saat Ramadan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. (Foto : Istimewa)

Trubus.id --Dua lintas Kementerian yakni Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan bersinergi untuk mendistribusikan dan memastikan bahan pokok (bapok) sampai ke seluruh wilayah nusantara.

Sinergisitas ini dilakukan dalam upaya menciptakan stabilitas harga kebutuhan pangan selama bulan suci Ramadan.

Baca Lainnya : Harga Telur dan Daging Ayam Tinggi, Ini Kata Kemendag

Dalam keterangan resminya, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa Kemendag berkomitmen menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok untuk masyarakat, khususnya menjelang perayaan Idul Fitri mendatang.

“Kemendag dan Kemenhub akan bersinergi untuk mendistribusikan bapok melalui tol laut sehingga bapok dapat tersebar di seluruh wilayah Indonesia sebelum memasuki bulan puasa dan Lebaran secara bertahap sesuai kebutuhannya," ungkap Enggartiasto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/5).

Menurutnya, Kemendag terus melakukan berbagai upaya untuk menjalankan amanat dan arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bapok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018.

Baca Lainnya : Siaga Stabilitas Pangan, Pejabat Kemendag Dilarang Libur Hingga Lebaran

Untuk mengawal kelancaran pasokan bahan pokok itu, Kemendag telah menugaskan seluruh pejabat Eselon 1 yang akan dibantu 200 staf Kemendag dan didampingi Satuan Tugas (Satgas) Pangan, untuk melakukan pemantauan langsung ke seluruh pasar rakyat yang tersebar serta melakukan penetrasi bapok ke pasar rakyat dan ritel modern.

“Berbagai upaya dikerahkan agar pencapaian HBKN 2017 dapat terulang pada tahun ini. Saat itu, Kemendag berhasil mengendalikan harga dan inflasi,” tuturnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: