Gempa 6,1 SR Guncang Tolikara Papua

TrubusNews
Astri Sofyanti
16 Mei 2018   14:15 WIB

Komentar
Gempa 6,1 SR Guncang Tolikara Papua

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id --Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richer (SR) mengguncang Tolikara, Papua, Rabu (16/5) pagi. Dalam laman resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi tepat pukul 09.12 WIB. 

Lokasi gempa berada di koordinat 3,70 Lintang Selatan (LS) dan 138,67 Bujur Timur (BT). Pusat gempa ini berada di darat pada 32 kilometer arah tenggara Tolikara di kedalaman 111 kilometer.

Baca Lainnya : Tabanan Minimalisir Sampah Plastik dengan Bangun Pabrik Daur Ulang

Gempa ini cukup kuat dirasakan di Wamena (skala III-IV MMI). Sedangkan di Nabire, Genyem, dan Timika, gempa cukup dirasakan dalam skala III MMI.

Menurut informasi, terpantau masyarakat setempat merasakan gempa kuat selama 2 sampai 5 detik. Akibat kejadian itu, warga sekitar sempat panik. Mereka berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Meski gempa yang terjadi tergolong kuat, BMKG telah memastikan kalau gempa yang terjadi tak menimbulkan potensi tsunami.

Baca Lainnya : Kenapa PLTA Batangtoru Diklaim Proyek Ramah Lingkungan?

Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa serta kerugian yang diakibatkan guncangan gempa. Namun untuk mengetahui informasi terkait gempa bumi Tolikara, masyarakat Papua dapat menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tolikara via telpon ke nomor (0812-4811-3929). [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: