Produksi Lada Naik, Gubernur Babel Dapat Julukan Baru dari Kementan

TrubusNews
Astri Sofyanti
16 Mei 2018   10:32 WIB

Komentar
Produksi Lada Naik, Gubernur Babel Dapat Julukan Baru dari Kementan

Gubernur bangka Belitung (Foto : Astri Sofyanti/trubus.id)

Trubus.id --Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan yang konsisten mengembangkan komoditas lada khas Babel membuat Kementerian Pertanian (Kementan) menobatkannya sebagai presiden lada putih.

Julukan baru tersebut disematkan oleh Kementan kepada Erzaldi karena ia dinilai berkomitmen tinggi dalam upaya mendorong produktivitas lada putih. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang di Pangkalpinang, Rabu (16/5).

Sementara itu, Erzaldi menyambut gembira atas penobatannya sebagai presiden lada dari Kementerian Pertanian.

"Saya bertekad terus berusaha keras meningkatkan produktivitas dan kualitas lada, guna meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini," katanya.

“Produksi lada Indonesia berada pada urutan ke dua dunia atau berada di bawah Vietnam. Untuk mengejar ketertinggalan itu, maka harus ada komitmen dari semua pihak untuk terus mengembangkan lada putih,” ucap Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, saat ini luas lahan lada di tanahair mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ia berharap luas lahan ini dapat terus ditingkatkan ke depannya.

Guna merealisasikannya, pihaknya bersama Gubernur Babel berkomitmen, pengembangan lada akan mendapatkan prioritas dari pemerintah pusat.

"Bagi daerah yang serius mengurus lada, akan menjadi prioritas dalam alokasi APBN," tuturnya.

"Ini kunci membangun perkembangan lada. Sampai saat ini agro industri perkebunan lada tidak berkembang, karena kelembagaan petani kurang baik," ungkapnya.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: