Merapi Mulai Kondusif Lagi, BPBD DIY Turunkan Radius Evakuasi

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
11 Mei 2018   14:15

Komentar
Merapi Mulai Kondusif Lagi, BPBD DIY Turunkan Radius Evakuasi

Letusan Gunung Merapi, Jumat (11/5) pagi. (Foto : Foto: Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Letusan freatik di Gunung Merapi pagi ini, membuat panik warga yang menghuni pemukiman di sekelilingnya. Evakusi pun dilakukan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY pun menetapkan radius evakuasi hingga sejauh 5 kilometer.

Namun kini, BPBD DIY menurunkan radius evakuasi dari yang sebelumnya 5 kilometer, menjadi 2 kilometer. Langkah ini diambil karena kondisi gunung api itu dinilai sudah mulai kondusif.

Baca Lainnya: Letupan Gunung Merapi Keluarkan Asap, Warga Terkejut

"Memang sebelumnya diputuskan radius evakuasi lima kilometer, namun sekarang sudah 2 kilometer," ujar Manager Pusdalops BPBD DIY, Danang saat dikonfirmasi awak media, Jumat (11/5).

Ia mengungkapkan, sesaat setelah terjadi letusan memang masyarakat sempat panik. Tapi saat ini warga sudah kembali beraktifitas dan Gunung Merapi juga berangsur normal.

Danang menambahkan, setelah mendapat laporan adanya erupsi Gunung Merapi, pihak BPBD beserta Basarnas dan relawan langsung mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

Baca Lainnya: Antisipasi Hujan Abu Gunung Merapi, BPBD Sleman Bagikan 50 Ribu Masker

"Sementara di pengungsian Barak Purwobinangun, ada sekitar 190 jiwa yang bertahan. Kemudian warga Seruman dievakuasi dievakuasi ke Kecamatan Glagaharjo," imbuhnya.

"Dari informasi yang saya dapat tadi pembagian logistik juga sudah diberikan ya, " sambungnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: