Badai Pasir Melanda, Wisatawan Gunung Bromo Diminta Lebih Waspada

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 Mei 2018   17:45 WIB

Komentar
Badai Pasir Melanda, Wisatawan Gunung Bromo Diminta Lebih Waspada

Kawasan Pasir Berbisik Gunung Bromo. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kawasan Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), merupakan salah satu kawasan wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun macanegara.

Namun sayangnya, pengunjung yang ingin berwisata ke lokasi itu kini harus lebih waspada. Hal ini terjadi lantaran sudah 2 minggu terakhir badai pasir yang cukup ekstrem tengah melanda kawasan itu.

Meski terjadi badai pasir, tapi kawasan wisata itu masih dibuka untuk umum. Tapi bagi wisatawan yang berkunjung, khususnya yang ingin berwisata ke kawasan lautan pasir berbisik, dihimbau untuk menggunakan masker atau penutup wajah.

"Untuk mengunjungi lautan pasir tetap dibuka untuk wisatawan meski kerapkali terjadi badai pasir. Namun yang terpenting wisatawan harus mawas diri dengan menggunakan persiapan seperti memakai masker," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, M Sidik Wijanarko, Senin (7/5).

Lebih lanjut Sidik menjelaskan, badai pasir terjadi karena saat ini wilayah Gunung Bromo sudah memasuki musim kemarau. Karena itu debu vulkanik di sekitar gunung mudah berterbangan akibat terpaan angin kencang.

Selain masker, wisatawan disarankan untuk membawa air untuk membasuh wajah. Hal ini karena pasir yang berterbangan dapat membahayakan kesehatan mata jika terkena butiran pasir.

"Apalagi material vulkanik Gunung Bromo mengandung silika dan bisa mengganggu pernafasan. Air bisa digunakan untuk membasuh wajah sehingga tidak mudah mata kita terselip debu," kata Untung, salah seorang pelaku wisata di Wisata Gunung Bromo. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Akuaponik

Inovasi   06 Agu 2020 - 14:10 WIB
Bagikan: