Terdampak Luapan Sungai Kahayan, Petani di Kota Palangka Raya Terancam Telan Kerugian

TrubusNews
Ihsan Maulana
03 Mei 2018   16:45 WIB

Komentar
Terdampak Luapan Sungai Kahayan, Petani di Kota Palangka Raya Terancam Telan Kerugian

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sudah beberapa hari terakhir, banjir menggenangi pemukiman warga di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Banjir terjadi karena Sungai Kahayan yang melintasi kota tersebut, meluap akibat tak mampu menahan debit air yang bertambah karena guyuran hujan.

Namun belakangan diketahui, tak hanya pemukiman warga saja yang terendam banjir. Areal persawahan milik warga juga terkena dampaknya. Puluhan hektare sawah tersebut juga ikut terendam banjir.

Baca Lainnya: Sungai Kahayan Meluap, 11 Ribu Warga Palangka Raya jadi Korbannya

"Kemarin saya turun langsung ke sejumlah daerah yang kebanjiran. Salah satu yang jadi perhatian saya adalah kawasan Kalampangan yang merupakan sentra pertanian, karena mulai terdampak banjir," ujar Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia, Kamis (3/5).

Karena genangan air yang tidak kunjung surut, berbagai tanaman pertanian pun jadi rusak dan terancam mati. Tak hanya yang baru ditanam, padi yang siap panen pun terancam rusak.

Menanggapi hal ini, Dinas Ketananan Pangan dan Pertanian, Dinas Sosial serta lurah setempat telah diinstruksikan untuk mendata luas lahan pertanian yang terdampak banjir, akibat luapan air Sungai Kahayan.

Baca Lainnya: Dapat 'Kiriman' dari Malaysia, 6 Desa di Nunukan Terendam Banjir

"Saya minta secepatnya pendataan ini segera diselesaikan, lalu segera dilaporkan agar kita bisa segera merumuskan intervensi yang bisa kita berikan kepada para petani di sana," paparnya.

Berdasarkan data dari BPBD Kota Palangka Raya, sebanyak 10.944 warga tercatat sebagai korban banjir, dari meluapnya debit air Sungai Kahayan. Pemda setempat telah menetapkan status tanggap darurat dan mulai membangun posko kesehatan untuk masyarakat yang terdampak banjir. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Memberamo Tengah Papua

Peristiwa   23 Okt 2019 - 07:43 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: