Karena Bahayanya, Hawaii Siap Larang Penggunaan Lotion Tabir Surya

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
03 Mei 2018   14:00

Komentar
Karena Bahayanya, Hawaii Siap Larang Penggunaan Lotion Tabir Surya

pantai (Foto : Foto:Istimewa)

Trubus.id -- Nyaris semua traveler akan melindungi kulitnya dengan sunblock atau lotion tabir surya jika mereka berenang ke pantai. Padahal tanpa mereka sadari, diam-diam tabir surya tersebut sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup terumbu karang. 

Karena tabir surya mengandung bahan kimia berbahaya.

Hawaii, negeri yang terkenal dengan pantainya ini dalam waktu dekat akan membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) pelarangan pemakaian lotion tabir surya di pantai.

Scmp.com menulis, anggota parlemen Hawaii telah melakukan voting untuk melarang pemakaian lotion tabir surya agar terumbu karang terbebas dari bahan kimia. RUU itu sampai sekarang memang belum ditandatangani oleh gubernur negara bagian.

Baca Lainnya: Tabir Surya Ternyata Bisa Merusak Terumbu Karang

Salah satu isinya menyebutkan bahan kimia tabir surya 'memiliki dampak berbahaya yang signifikan terhadap lingkungan laut Hawaii.

Bahan kimia Oxybenzone dan octinoxate menyebabkan kematian terumbu karang; meningkatkan pemutihan karang, menyebabkan kerusakan genetik pada karang dan organisme laut lainnya.

Bahan kimia ini juga telah terbukti menurunkan ketahanan karang dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan faktor perubahan iklim."

"Badan legislatif selanjutnya menemukan bahwa pencemaran lingkungan oxybenzone dan octinoxate bertahan di perairan pesisir Hawaii, karena kontaminasi terus-menerus diperbarui dan diperbarui setiap hari oleh perenang dan pencari pantai," menurut RUU tersebut.

RUU itu akan melarang perusahaan perawatan kulit dari menjual dan mendistribusikan tabir surya di pulau-pulau yang mengandung dua bahan kimia yang dianggap merusak terumbu karang.

Jika Gubernur David Ige menandatangani RUU itu, Hawaii adalah negara pertama yang memberlakukan undang-undang yang dirancang untuk melindungi ekosistem laut dengan melarang pemakaian lotion tabir surya tersebut.

RUU itu tentu saja ditentang oleh berbagai perusahaan dan asosiasi bisnis. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: