SD di Raja Ampat Edukasi Siswanya Soal Perubahan Iklim

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
03 Mei 2018   09:10

Komentar
SD di Raja Ampat Edukasi Siswanya Soal Perubahan Iklim

Anak papua (Foto : Foto: salampapua.com)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, baru-baru ini membuat suatu modul muatan lokal mengenai pendidikan lingkungan hidup. Isi dari modul tersebut yaitu mencakup materi mengenai perubahan iklim dan dampaknya, terutama bagi murid Kelas VI Sekolah Dasar (SD).

Pembuatan modul muatan mokal pendidikan lingkungan hidup itu juga melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan The Nature Conservancy (TNC).

"Modul pendidikan lingkungan hidup untuk siswa kelas VI SD ini merupakan pengembangan dari modul pendidikan lingkungan hidup untuk kelas IV dan V yang diluncurkan tahun 2016," ujar Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, di Waisai, Kamis (3/5).

Baca Lainnya: Ditargetkan Rampung 2019, PUPR Terus Memperjuangkan Jalan Trans Papua

Modul pendidikan lingkungan bagi murid SD Raja Ampat ini amat penting karena mencakup materi mengenai pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan berikut pemasalahan yang terkait.

Selain itu, program pendidikan lingkungan hidup bagi murid SD di Raja Ampat juga tidak kalah penting untuk menjamin keberlanjutan konservasi disana, mengingat wilayah Kabupaten Raja Ampat merupakan rumah bagi 75 persen jenis terumbu karang di dunia (553 jenis), dan lebih dari 1.000 jenis ikan karang.

Terlebih perairan Raja Ampat kaya akan sumber kehidupan dan mata pencaharian bagi lebih dari 70.000 penduduk lokal.

Baca Lainnya: Energi Terbarukan Siap Terangi 2.500 Desa di Papua

Selain kaya keanekaragaman hayati bawah laut, Abdul menyebutkan bahwa Kepulauan Raja Ampat sarat akan hutan-hutan yang menjadi habitat beragam tumbuhan dan satwa endemik.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: