Semarak Hari Kartini, KBRI Indonesia di Australia Gelar Peragaan Busana Batik

TrubusNews
Thomas Aquinus
01 Mei 2018   09:00 WIB

Komentar
Semarak Hari Kartini, KBRI Indonesia di Australia Gelar Peragaan Busana Batik

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id – Semarak hari Kartini juga dirayakan di negeri tetangga seperti Australia yang menyelenggarakan peragaan busana batik nasional. Pameran dan peragaan busana Batik Indonesia yang digelar secara khusus oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra tersebut sangat diminati oleh warga Australia dan duta besar negara lain.  

“Para pengunjung memang sangat antusias untuk melihat dari dekat keindahan beragam corak batik Indonesia yang sejak 2009 diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia,” jelasnya dalam siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra yang diterima di Jakarta baru-baru ini.

Baca Lainnya: Dekranasda Ajak UKM Jatim Belajar Batik di Solo dan Jogja

KBRI Canberra yang menjadi tempat peragaan dipadati pengunjung, baik dari masyarakat Australia maupun istri para duta besar, hingga diplomat asing dari negara sahabat, seperti Korea Selatan, Yordania, Argentina, Jepang, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Brunei Darussalam. 

Bahkan Dubes Rumania, Nineta Barbulescu, mengajak suami dan anaknya untuk tidak melewatkan pagelaran busana batik ini.

Selain pameran dan peragaan busana, tamu hadirin juga dihibur oleh penampilan tari-tarian tradisional Indonesia, yakni Tari Golek Sulun Dayung dan Wirayudha.

Selama pagelaran busana batik ini, para tamu diperlihatkan koleksi baju-baju batik dari desainer Riana Kusuma Astuti yang diperagakan secara atraktif oleh sejumlah model yang umumnya adalah mahasiswa, pelajar, dan masyarakat Indonesia yang bermukim di Kota Canberra serta seorang dokter muda dari Jakarta.

Baca Lainnya: IKM Batik Lokal Pamerkan Produk Fashion di Jepang

Pameran sehari dan peragaan busana batik diselenggarakan untuk mempromosikan batik sebagai karya kreatif anak bangsa kepada berbagai kalangan di Australia sekaligus mengenalkan mereka tentang makna Hari Kartini.

Diharapkan melalui pameran ini, ekspor batik ke Australia diharapkan akan semakin meningkat. Seperti kita ketahui bersama, ekspor produk tekstil Indonesia ke Australia pada periode Januari-Februari 2018 sebesar US$39,6 juta atau meningkat 6,6% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$37,2 juta. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: