Kasus Pertama Belum Terungkap, Polisi Kembali Temukan Ribuan Kayu di Sungai Musi

TrubusNews
Astri Sofyanti
30 April 2018   19:30 WIB

Komentar
Kasus Pertama Belum Terungkap, Polisi Kembali Temukan Ribuan Kayu di Sungai Musi

Kayu tak bertuan di Sungai Musi, Sumsel. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Belum lama ini, ribuan batang kayu diduga hasil ilegal logging ditemukan terapung di aliran sungai Musi. Belum terungkap siapa pemiliknya, pihak kepolisian kembali menemukan ribuan batang kayu lagi di Sungai Lalan, Musi Banyuasin, Palembang.

Guna mencari pihak yang bertanggung jawab, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) kini tengah mencari keterangan sejumlah orang yang bisa dimintai kesaksiannya.

Baca Lainnya: 1.500 Batang Kayu Illegal Logging Ditemukan di Sungai Musi, Siapa Pemiliknya?

“Kami masih menyelidiki dan memanggil sejumlah saksi terkait kayu yang diduga illegal logging,” kata Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain di Mapolda Sumsel, Senin (30/4).

Ribuan kayu ini sendiri ditemukan petugas tak jauh dari penemuan pertama. Kayu diduga merupakan hasil illegal logging karena ditemukan tidak jauh dari lokasi, tapi kepolisian belum mengetahui jumlah pastinya.

“Kami akan bekerja keras mengungkap pelaku dan bekerja sama dengan Dirjen Penegakkan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Sumatera Selatan untuk mencari keberadaan pemilik ratusan kayu," papar Zulkarnain.

Pikah kepolisian menyebut sulitnya mengungkap pemilik kayu karena saat ditemukan tak ada seorang pun saksi di lokasi.

Baca Lainnya: Lagi, 42 Meter Kubik Kayu Illegal Logging di Jambi Gagal Diselundupkan

Pasalnya kondisi di lapangan hanya ditemukan barang bukti petunjuk atas kepemilikan kayu tanpa ada jejak lainnya ataupun para saksi.

Sebagaimana hasil temuan di lapangan, terlihat kayu telah dirakit dan siap untuk ditarik pakai kapal tongkang. KLHK menyebut jika telah diolah, harga kayu jenis meranti dan campuran ini ditaksir lebih dari Rp 450 juta. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: