Jelang Ramadan dan Lebaran, Rendang dan Opor di Blitar Tidak Pedas, Ini Penyebabnya

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
27 April 2018   06:30

Komentar
Jelang Ramadan dan Lebaran, Rendang dan Opor di Blitar Tidak Pedas, Ini Penyebabnya

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Ramadan dan Lebaran 2018, opor dan rendang rasanya sepertinya akan terasa lebih manis. Yah, hal itu bisa saja terjadi lantaran sejak sekarang saja, harga cabai rawir mulai merambat naik. 

Namun meski demikian, Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan cabai rawit menjelang bulan Ramadan mencukupi. Itu diketahui usai melakukan monitoring di Kabupaten Blitar yang menjadi salah satu sentra cabai rawit merah di Jawa Timur.

Baca Lainnya:Mantap, BUMDes di Bangka Belitung Ini Kembangkan Empat Jenis Cabai

Direktur Perlindungan Hortikultura Kementan, Sri Wijayanti Yusuf menjelaskan, luas lahan cabai rawit merah yang siap panen saat ini di Kabupaten Blitar sudah mencapai 6.950 hektar atau 43% dari target luas panen per bulan secara nasional yaitu sebesar 16.000 hektar per bulan. Produktivitas varietas cabai rawit lokal Blitar mencapai 8 ton per hektar.

"Hal ini membuktikan bahwa stok ketersediaan cabai rawit merah secara nasional menjelang Ramadan 2018 cukup tersedia," kata Sri dalam keterangan tertulis, Jumat (26/4/2018).

Dengan produksi 80 ton per hari, hasil panen dari Blitar bisa dipasok untuk wilayah lain seperti Surabaya hingga Jakarta. Selain itu kondisi panen yang hampir merata di setiap kecamatan di Kabupaten Blitar, juga membuat harga untuk aneka Cabai turun. Misalnya, cabai merah keriting hari ini Rp 35.000 per kg dan cabai rawit merah sendiri turun menjadi Rp 17.000 per kg.

Selain dari Blitar, Sri juga menjelaskan kecukupan pasokan cabai jelang Ramadan juga ditunjang oleh beberapa kawasan sentra lainnya seperti Malang, Banyuwangi, Magelang, Temanggung, Garut, Cianjur, Sukabumi, dan Lombok Timur.

Baca Lainnya: Pemprov Sumbar Cari Akal Tekan Harga Cabai Jelang Ramadhan

Dengan adanya musim panen di beberapa kawasan tersebut Sri mengatakan pasokan cabai rawit bahkan bisa aman hingga lebaran nanti. Itu karena panen masih akan berlanjut hingga Juni mendatang.

"Daerah sentra produksi cabai rawit merah ini, saat ini sedang panen raya. Panen terus berlanjut hingga bulan Juni karena petik cabai hingga 16 kali dalam semusim. Artinya, kebutuhan untuk Ramadhan hingga Lebaran nanti tentu aman," pungkasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: