Proyek Pembangunan Jalan Tol Riau Akan Dilengkapi Jalur Khusus Gajah

TrubusNews
Syahroni
26 April 2018   13:45 WIB

Komentar
Proyek Pembangunan Jalan Tol Riau Akan Dilengkapi Jalur Khusus Gajah

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ hbieser)

Trubus.id -- Sering kali pembangunan berdampak negatif pada lingkungan. Tak hanya merusak habitat, pembangunan juga acap kali merubah pola migrasi satwa yang habitatnya terdampak pembangunan.

Guna menghindari hal itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memberi solusi.

Baca Lainnya: Agar Tidak Ada Lagi Konflik Antara Gajah dan Manusia, Ini yang Dilakukan BKSDA Aceh

Dalam pembangunan Jalan tol di Riau yang akan segera dikerjakan, BBKSDA meminta agar pembangunannya tidak sampai mengganggu perlintasan gajah. Karenanya, BBKSDA Riau meminta pelaksana proyek untuk membuat perlintasan khusus gajah di sejumlah titik yang akan dilewati jalan tol tersebut. 

"Proyek jalan tol yang menghubungkan Pekanbaru ke Dumai memang akan memotong jalur perlintasan gajah. Tapi kita sudah koordinasi dengan pihak pembangunan jalan tol agar tetap dibuatkan perlintasan gajah," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, Kamis (26/4).

Suharyono mengaku, BBKSDA sudah menyampaikan saran itu ke pimpinan proyek jalan tol, agar gajah liar di kawasan Riau tetap bisa menjelajah di wilayahnya.

"Sebab, ada beberapa lokasi di jalan tol itu yang akan memutus perlintasan gajah. Kita tetap menginginkan jangan sampai perlintasan itu terputus oleh jalan tol," kata Haryono.

Solusi yang ditawarkan BBKSDA Riau, kata Haryono, bisa jadi membuat under pass di jalan tol yang melintasi jalur jelajah gajah. Dengan demikian, gajah yang menjelajahi wilayahnya tidak akan terputus oleh jalan tol.

Nantinya, di daerah under pass itu tetap diberi batasan pohon-pohon sehingga gajah tidak terganggu oleh kendaraan yang melintas.

Menurut Haryono, dengan tetap memberikan perlintasan gajah, hal itu akan tetap melestarikan gajah liar yang ada di Riau. Sebab, gajah akan selalu melintasi wilayah jelajahnya yang sama secara alami dan berkala

Namun meski demikian, Haryono mengaku pihaknya belum bisa menentukan secara detail titik perlintasan gajah mana yang akan terpotong jalan tol itu.

Baca Lainnya: Secercah Cahaya Baru Bagi Populasi Gajah Ada di Tahun 2018, Apa Itu?

Ia menjelaskan, nantinya akan ada tim khusus yang akan meneliti kembali jalur perlintasan gajah ini. Tapi diperkirakan, lokasinya ada di Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya.

"Intinya apa yang kita inginkan untuk perlintasan gajah itu disetujui pihak proyek jalan tol. Kan nanti malah menjadi objek wisata, sambil melintas di jalan tol, bisa melihat gajah melintas," tutup Haryono. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: