Puting Beliung Menerpa, Puluhan Rumah dan Bangunan di DIY Porak Poranda

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
24 April 2018   19:45

Komentar
Puting Beliung Menerpa, Puluhan Rumah dan Bangunan di DIY Porak Poranda

Bangunan rusak diterjang puting beliung di DIY dan Bantul. (Foto : Foto: Doc/ BPBD DIY)

Trubus.id -- Angin puting beliung menerpa kawasan kota Yogyakarta dan Bantul, Selasa (24/4) sekitar pukul 14.00 WIB. Dampaknya, puluhan rumah dan bangunan di 2 wilayah itu rusak parah. 

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta, Biwara Yuswantana, hingga petang pihaknya masih mendata jumlah kerusakan dan korban yang jatuh akibat peristiwa ini.

Baca Lainnya: Musim Pancaroba, Waspada Puting Beliung

"Untuk total sementara, kami catat ada 21 rumah yang terdampak. Tapi sekarang ini kami masih terus melakukan pendataan. Semoga hanya ini dan tidak bertambah," ungkap Biwara saat meninjau lokasi terdampak puting beliung di Sorowajan.

Ia menjelaskan, untuk mengetahui kerusakan yang diakibatkan bencana angin puting beliung, ia mengaku meninjau secara langsung ke lapangan maupun dengan menggunakan kamera drone.

"Selain meninjau langsung. Kami juga menggunakan drone. Kalau dari atas kan bisa kelihatan dengan jelas semua dampak dan pola dari angin ini," terangnya.

Saat ini pihak BPBD DIY bersama BPBD Kabupaten Bantul masih terus melakukan evakuasi dan pendataan dari dampak yang diakibatkan dari bencana puting beliung ini.

Sementara, menurut rilis yang dikeluarkan BPBD DIY, hingga pukul 16.15 WIB, Tim Reaksi Cepat BPBD DIY, angin puting beliung yang terjadi di Kampus STPMD APMD, Baciro, Gondokusuman merobohkan 2 pohon. Akibat tumbangnya dua pohon itu, seorang dosen dilaporkan terluka karena tertimpa dahan. Korban kemudian dirujuk ke RS. Bethesda.

Baca Lainnya: Warga Jawa Tengah, Waspadai Potensi Angin Puting Beliung di Musim Pancaroba

Di Perum Timoho Asri II, Gondokusuman, Kabel telpon dan tiang telpon tertimpa pohon jati dan talok. Hingga kini kondisinya belum tertangani. Sementara di Kampung Gendeng, atap rumah dan genteng rumah yang dihuni 20 Kepala Keluarga beterbangan.

Di Kabupaten Bantul, tepatnya di Sorowajan, Banguntapan, Bantul, 34 rumah rusak parah akibat bencana ini. Sementara di Kampus STMIK AKAKOM yang berada di Karang Jambe, atap ruang Kelas A12 mengalami kerusakan, karena asbes berterbangan dan jatuh di atap kelas tersebut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: