Pemerintah Tolak Usulan Pembentukan Badan Karantina Nasional

TrubusNews
| Followers 0
12 Sep 2017   07:00

Komentar
Pemerintah Tolak Usulan Pembentukan Badan Karantina Nasional

Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah menolak pembentukan lembaga baru khusus karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Pembentukan lembaga yang disebut-sebut diberi nama Badan Karantina Nasional (BKN) merupakan usulan dari Komisi IV DPR RI.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas 20 September 2016 lalu, terkait penataan lembaga, memberikan arahan jika keluarnya UU Karantina tidak harus diikuti dengan pembentukan badan baru.

"Yang pemerintah inginkan yaitu koordinasi dan terintegrasinya karantina antar departemen itu disatukan dengan Peraturan Pemerintah atau di bawah koordinasi dengan Perpres," kata Susi Pudjiastuti di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Sementara itu, staf ahli Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, M Shadiq Pasadigoe mengatakan, pada prinsipnya kelembagaan karantina sudah ada di masing-masing kementerian terkait, yaitu Kementerian Pertanian (Kementan) maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Hanya di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang belum ada lembaga karantina," ujarnya.

Lembaga-lembaga ini, kata Shadiq, akan berkoordinasi dan terintegrasi yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres).

"Jadi tidak perlu ada badan khusus karantina. Ini juga terkait dengan efisiensi dan efektivitas jalannya kelembagaan tersebut," ucap Shadiq. [AG]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: