Cantik, Giant Buddha Ini Dikelilingi 150.000 Tanaman Lavender

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
22 Mei 2018   06:00

Komentar
Cantik, Giant Buddha Ini Dikelilingi 150.000 Tanaman Lavender

Patung Buddha ini terletak di the Makomanai Takino Cemetery. (Foto : Foto: Makomanai Takino Cemetery)

Trubus.id --- Arsitek Jepang terkenal, Tadao Ando, menghiasi patung Buddha besar dengan tanaman lavender itu. Patung ini terletak di the Makomanai Takino Cemetery di Sapporo. Selama 15 tahun, patung setinggi 44 kaki tersebut tidak terurus.

“Hingga saat ini, patung Buddha ini telah ada di lapangan, memberikan kesan yang tidak menyenangkan. Klien saya ingin memberikan pengunjung pengalaman yang lebih baik dari sebelumnnya. Karena itu, ide saya dan tim ialah menutupi Buddha di bawah kepala dengan kebun tanaman lavender. Kami menyebutnya head-out Buddha,” ujar Tadao, dikutip dari My Modern Net.

Para pengunjung ‘diundang’ untuk mendekati Atama Daibutsu (Kepala Buddha) melalui terowongan setinggi 130 kaki. Di sini, Tadao bermain dengan berbagai unsur alam berupa tanaman lavender. Dengan cara ini, patung Buddha terlihat lebih indah.

“Proyek ini dapat dipertimbangkan pada skala lanskap daripada arsitektur. Untuk itu diperlukan kerangka pikiran khusus untuk mengatur ulang lingkungan, dan merupakan pengalaman yang menantang dan berharga bagi kami,” jelas Tadao.

Ini bukan kali pertama Tadao, ??seorang arsitek otodidak yang kini menjadi tokoh terkemuka dalam arsitektur kontemporer, telah menggunakan alam untuk menentukan ruang. Pada pertengahan 1990-an, ia pernah menata ulang 100 Stepped Garden, tempat pembuangan sampah biasa menjadi indah.

Trubus Mania, bagaimana menurut kalian? [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait