Puluhan Titik Api Terdeteksi di Sejumlah Kabupaten di Riau

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
15 Mei 2018   18:45

Komentar
Puluhan Titik Api Terdeteksi di Sejumlah Kabupaten di Riau

Kebakaran hutan dan lahan di Riau. (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Musim kemarau mulai menyapa kawasan Riau bulan ini. Dampaknya, titik panas mulai terdeteksi di beberapa kabupaten. Menurut pantauan citra satelit, sejak Selasa (15/5), setidaknya ada 25 titik panas atau hotspot yang sudah terdeteksi oleh satelit Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru.

Kepala BMKG Pekanbaru, Sukisno mengatakan, 25 titik panas ini tersebar di 6 kabupaten serta kota di Riau seperti Bengkalis, Kota Dumai, Pelalawan, Siak, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir.

Baca Lainnya: BMKG Kembali Deteksi 12 Titik Panas di Riau

"Level confidence atau kepercayaan titik itu sebagai indikasi kebakaran hutan dan lahan di atas 50 persen," kata Sukisno kepada Trubus.id, Selasa (15/5) siang.

Dia merinci, di Kabupaten Bengkalis terpantau 3 titik panas. Selanjutnya di Kota Dumai ada 2 titik, Pelalawan 6 titik, Siak 11 titik, Rokan Hilir 1 titik dan Indragiri Hilir 2 titik.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diprediksi bisa saja meluas karena potensi hujan di Riau sangat rendah. Hujan bisa saja terjadi tapi potensinya ringan, baik pada dini hari, pagi hari, siang ataupun malam.

"Secara umum cuaca di Riau cerah hingga berawan," jelas Sukisno lagi.

Namun demikian, Sukisno menjelaskan, kondisi bisa bertambah parah karena suhu udara di sejumlah kabupaten bisa mencapai hingga 34 derajat celsius.

Sukisno menambahkan, titik panas di Pulau Sumatera tak hanya terpantau di Riau saja. Beberapa wilayah lain juga terdeteksi. Seperti di Aceh, Jambi, Lampung, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Baca Lainnya: Manggala Agni Terus Sigap Cegah Karhutla di Riau

"Totalnya di Pulau Sumatera ada 37 titik panas, Riau 25 titik. Sisanya di Aceh 1 titik, Jambi 5 titik, Lampung 1 titik, Sumatera Barat 4 titik dan Sumatera Selatan 1 titik," kata Sukisno.

Sehari sebelumnya, Kota Pekanbaru memanas karena 5 hektar lahan di tengah kota dilumat api. Kobaran mulai terlihat sejak Senin (14/5) pagi, dan masih berkobar hingga malam. Kebakaran lahan ini terjadi di Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menyebut, api sudah berhasil dipadamkan pada Selasa pagi. Pemadaman cukup sulit karena struktur lahan sulit ditempuh.

"Memang lokasinya sangat sulit dan tim harus memikul mesin untuk dapat menjangkau titik api," ujar Burhan.

Sementara warga di lokasi, Erniwati menyebut lahan yang terbakar sudah ditanami sawit. Perkiraannya lahan itu sengaja dibakar karena sebelumnya terlihat aktivitas pembersihan.

Baca Lainnya: Saat Ini Sudah 70 Hektare Lahan di Riau Terbakar

"Kalau pemiliknya ada banyak ya, sudah dikavling-kavling gitu," katanya.

Erniwati menyebut lahan tidak jauh dari pemukiman padat penduduk. Kebakarannya disebut terjadi sejak akhir pekan, di mana pemadamannya dilakukan BPBD bersama warga setempat. [MS]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: