Bikin Anjlok Harga, Petani Temanggung Tolak Bawang Merah Impor

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 0
  :

Komentar

Trubus.id --Keberadaan bawang merah impor di pasaran, cukup berdampak pada harga bawang merah lokal produksi para petani. Karena itu, para petani bawang merah di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menolak peredaran bawang merah impor di wilayahnya. 

Untuk itu, belasan perwakilan petani di Temanggung menemui Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Tunggul Purnomo dan sejumlah anggota DPRD Komisi B dan Komisi C, serta perwakilan dari Disperindagkop dan Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung.

Baca Lainnya : 10 Ton Bawang Merah Selundupan dari Thailand, Disita Polisi

Kedatangan mereka untuk menyampaikan aksi keberatannya terhadap peredaran bawang merah impor, khususnya di Temanggung.

Dalam pertemuan itu, salah satu perwakilan petani bernama Suwaldi mengutarakan keprihatinannya terhadap nasib petani bawang merah yang berada di lerang Gunung Sumbing dan Sindoro. Mereka terancam merugi jika bawang impor masuk pasaran.

“Kami memprediksi bawang merah impor telah masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priuk. Kami akan mengirim surat ke pemerintah pusat untuk menutup jalur-jalur yang dimasuki oleh pengimpor ilegal yang dapat mematikan para petani bawang merah,” tegasnya.

Yang bikin petani cemas, dengan masuknya bawang merah impor, hasil panen petani bawang merah di Temanggung yang kini telah memasuki pascapanen, tidak terserap dan harganya jatuh.

“Petani akan rugi jika ditemukan bawang merah impor di pasaran,” ungkapnya.

Bahkan pihaknya menduga jika bawang merah impor telah masuk ke Temanggung. Tapi menurutnya, kondisi ini masih bisa dikendalikan karena jumlahnya belum cukup besar.

Baca Lainnya : Di Indonesia, Bawang Putih 'Menangis', Bawang Merah 'Tertawa'

“Kami khawatir jika tidak secepatnya diantisipasi, dampaknya akan membuat harga bawang merah lokal merosot,” ungkap Suwaldi.

Ia menyebutkan harga bawang merah di tingkat petani saat ini berkisar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per kilogram, itupun tergantung dari segi kualitasnya. Mereka khawatir, harga tersebut akan terjun bebas jika bawang merah impor sudah masuk pasaran. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Longsor di Chongqing, 5 Orang Tewas

by Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: