Distan Mukomuko Terpaksa Geser Lokasi Lahan Cetak Sawah Baru, Kenapa?

TrubusNews
Ihsan Maulana
15 Mei 2018   17:45 WIB

Komentar
Distan Mukomuko Terpaksa Geser Lokasi Lahan Cetak Sawah Baru, Kenapa?

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ zcf428526)

Trubus.id -- Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, terpaksa menggeser sebagian lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang nantinya akan dicetak jadi lahan sawah baru tahun ini.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan menjelaskan, lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang akan dicetak dipindah dari Desa Pondok Panjang ke Desa Sumber Makmur.

Baca Lainnya: Dengan 14,8 Juta Hektare Lahan Baru, Indonesia Bisa jadi Lumbung Pangan Dunia?

Bergesernya lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang jadi lahan sawah ini dikarenakan, saat ini hanya ada 15 hektare dari target 32 hektare lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Pondok Panjang yang bisa dicetak menjadi sawah baru pada 2018.

"Jadi hanya seluas itu lahan perkebunan kelapa sawit yang akan dicetak jadi sawah baru yang berada dekat sumber pengairan irigasi," ujarnya, Selasa (15/5).

Kemudian, sisa lahan perkebunan kelapa sawit yang seluas 16,5 hektare, belum bisa dicetak menjadi sawah baru karena lokasinya terlampau jauh dari sumber air.

Baca Lainnya: Garap Lahan Baru, Cara Menteri LHK Jaga Kelestarian Hutan

"Intinya kami tidak ingin tanaman kelapa sawit ditebang, tapi lahannya belum bisa diolah menjadi sawah karena belum ada sumber air untuk pengairan lahan ini," tambahnya.

Sementara luas lahan perkebunan kelapa sawit yang akan dicetak menjadi sawah baru, ditetapkan seluas 400 hektare. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: