Ini Pesan Khusus Jokowi Soal Pemanfaatan Dana Desa

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
14 Mei 2018   11:04

Komentar
Ini Pesan Khusus Jokowi Soal Pemanfaatan Dana Desa

Jokowi (Foto : Foto: Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, besarnya anggaran dana desa yang sudah disalurkan ke desa-desa di seluruh Indonesia agar benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Tahun ini ada 60 Triliun rupiah dana desa yang dikucurkan, jadi sampai akhir tahun ini dari tahun 2015 total sudah ada 187 T dana desa," ujar Jokowi dalam acara Rakornas Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Pusat dan Daerah tahun 2018, di JIExpo Kemayoran, Senin (14/5).

Jokowi melanjutkan, dana tersebut sengaja didorong masuk ke desa-desa agar ada perputaran uang ada di desa, kecamatan, dan kabupaten.

Baca Lainnya: Desa Belum Siap Jadi Faktor Rendahnya Penyerapan Dana Desa

"Karena dulu kalau uang di desa itu ujungnya tersedot ke Jakarta, sekarang jangan begitu. Maka dari itu tahun depan akan kita tingkatkan lagi," tambahnya.

"Saya titip, penggunaan anggaran dana itu, karena yang hadir kepala desa disini sudah terpilih. Saya yakin baik-baik semua," sambungnya.

Jokowi mencontohkan, salah satu upaya agar dana desa yang sudah dikucurkan tidak kembali ke Jakarta, adalah dengan dengan membangun beberapa infrastruktur.

Baca Lainnya: Siskeudes Mudahkan Pengawasan Penggunaan Dana Desa

"187 T jangan sampai kesedot lagi ke Jakarta itu gimana caranya, misalnya buat embung, irigasi, jalan desa. Kalau butuh pasir, cari di desa, kalau enggak ada ke kecamatan, perlu batu juga carikan dari lingkungan desa/kecamatan. Uangnya biar beredar di situ saja. Begitu juga semen," paparnya.

Presiden juga menegaskan, yang terpenting adalah gunakan 100 persen pekerja yang ada di desa, agar uang yang dibayarkan beredar di sana. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: