Paus Kepala Melon Korban Tombak Nelayan, Berhasil Dikembalikan ke Lautan

TrubusNews
Syahroni
13 Mei 2018   20:00 WIB

Komentar
Paus Kepala Melon Korban Tombak Nelayan, Berhasil Dikembalikan ke Lautan

Paus kepala melon yang ditemukan di pantai, berhasil dikembalikan ke perairan dalam NTT. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Seekor mamalia laut ditemukan warga terdampar di Pantai Wisata Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (12/5) siang. Sebelumnya warga menduga kalau mamalia laut itu adalah lumba-lumba yang terdampar.

Namun belakangan diketahui, satwa itu rupanya adalah ikan paus. Warga dan nelayan setempat kemudian berusaha mengembalikanya ke laut lepas. Namun setelah sempat berulang kali didorong warga ke laut dalam, paus itu terus kembali ke tepian.

Baca Lainnya: Paus Sperma Terdampar di Lombok Bukan yang Pertama

Warga kemudian menghubungi petugas dari Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT.

Petugas yang datang kemudian melakukan identifikasi. Kepala BKKPN Kupang, Ikram Sangadji mengatakan, pihaknya melakukan identifikasi jenis dan kondisi paus serta langsung melakukan upaya penanganan.

"Hasil identifikasi, diketahui jenis paus melon (Peponocephala electra) berukuran 2,03 meter," ucap Ikram, Sabtu (12/5) malam.

Berdasarkan pengamatan morfologi, lanjut Ikram, terdapat luka pada bagian mata sebelah kiri dan terlihat bengkak pada perut bawah bagian kiri dengan diameter 5 sentimeter.

Selain itu, terlihat ada bercak putih dan diduga kuat terkena morbilivirus di sekitar badan. Paus Melon pun diduga dalam kondisi sakit karena luka pada bagian tubuhnya.

Karena luka itu ia menduga, paus tersebut berenang dengan agak sedikit miring ke kanan hingga akhirnya satwa itu terus kembali ke perairan dangkal ketika didorong nelayan.

Meski demikian, nelayan dibantu petugas yang datang kemudian, akhirnya berhasil mendorong ikan itu ke lautan dalam lagi beberapa jam kemudian.

"Setelah beberapa kali telah coba dilepaskan dan kembali lagi ke pantai. Namun pada pukul 16.30 WITA, paus melon tersebut berhasil dikembalikan ke habitatnya," tutupnya.

Baca Lainnya: Lama Menghilang, Hiu Paus Kembali Terlihat di Perairan Gorontalo

Sementara itu, terkait luka di tubuh paus itu, staf dari Balai Sumber Daya Pesisir Laut Wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB, Puput Yuniarti menduga, luka tersebut akibat ditombak oleh nelayan tak bertanggung jawab.

"Selain itu juga terdamparnya mamalia itu karena tertinggal jauh dari kawanannya," jelasnya kepada wartawan, Minggu (13/5) pagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: