Pelaku UMKM di Kota Yogyakarta Diharap Segera Go Online, Supaya...

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
13 Mei 2018   19:00

Komentar
Pelaku UMKM di Kota Yogyakarta Diharap Segera Go Online, Supaya...

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, saat ini terus mendorong agar setiap pelaku Usaha Mikro Kecil di wilayah itu untuk segera melakukan pemasaran secara online.

"Memang sudah ada beberapa pelaku usaha mikro kecil, seperti yang tergabung dalam Dekranasda Kota Yogyakarta melakukan pemasaran online. Tapi kami berhap agar lebih banyak lagi pelaku usaha yang melakukan pemasaran online ini," ujar Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto di Yogyakarta, Sabtu (12/5).

Baca Lainnya: Mau Bantu Tingkatkan UMKM Dalam Negeri? Jualan Online Aja Yuk!

Ia memprediksi, sampai sekarang sudah ada sekitar 75 persen pelaku usaha mikro kecil yang sudah melakukan pemasaran secara online.

"Hanya ada sekitar 50 persen yang sudah benar-benar fokus dan menjadikan pemasaran online sebagai alat pemasaran utamanya," tambahnya.

Tri menutukan, pelaku usaha mikro kecil yang sudah fokus dalam pemasaran secara online adalah pelaku usaha yang sudah mampu memproduksi barang dalam jumlah banyak dan teratur. Sehingga mereka memiliki stok produk yang selalu tersedia, dan siap kirim.

Para pelaku usaha di Kota Yogyakarta, yang memasarkan produknya secara online juga memilih platform yang beragam. Mulai dari media sosial hingga aplikasi toko online yang sudah terkenal.

Sebetulnya, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan laman pemasaran online yang sebelumnya sudah dibuat oleh pihak Pemda setempat dengan salah satu bank milik pemerintah. Namun upaya ini dinilai belum maksimal.

"Ada beberapa kekurangan, salah satunya transaksi harus menggunakan bank yang sama. Tapi kan mungkin saja, pelaku usaha tidak memiliki rekening di bank tersebut tetapi bank lain. Ini yang cukup merepotkan," imbuhnya.

Baca Lainnya: Agar Go Online, Kemenkop UKM Gandeng Perusahaan Transportasi Online

Selain masalah tersebut, ada juga permasalahan lain. Masalah display atau gambar barang yang akan dijual contohny.   

"Selain itu masih banyak pelaku usaha yang mengambil foto produknya secara asal saja. Seharusnya, foto dan deskripsi produk disampaikan semenarik mungkin. Memang butuh latihan terus menerus. Tapi saya yakin mereka bisa," tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: