Musim Kemarau, Distan DIY Minta Petani Tanam Padi yang Tahan Kekeringan

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
13 Mei 2018   12:00

Komentar
Musim Kemarau, Distan DIY Minta Petani Tanam Padi yang Tahan Kekeringan

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Memasuki musim kemarau, Dinas Pertanian (Distan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta petani di daerah tersebut untuk menanam varietas padi dan palawija yang relatif tahan kekeringan lahan.

"Misalnya varietas padinya jenis gogo, karena padi ini tidak terlalu banyak membutuhkan air," ujar Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko di Yogyakarta, Minggu (13/5).

Baca Lainnya: Musim Kemarau Mulai "Menyapa" Beberapa Daerah Bulan Ini

Ia menekankan, jika petani tidak menyesuaikan penanaman padi dengan varietas yang tepat musim, maka dikhawatirkan bisa berdampak pada pencapaian produksi padi selama tahun ini.

Selain pemilihan varietas, pemerintah kabupaten/kota juga diharapkan segera melakukan perbaikan jaringan irigasi sesegera mungkin. Dinas terkait di tingkat kabupaten agar bisa menyiapkan embung air untuk mengatur dan menampung suplai air, sebagai salah satu upaya mengantisipasi musim kemarau.

Jika hal ini dilakukan, Sasongko menilai masalah kekeringan bisa diatasi dengan baik dan DIY masih bisa berkontribusi mendorong pencapaian swasembada komoditas pangan seperti padi, jagung dan kedelai.

Sementara itu, Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiono mengungkapkan, secara umum wilayah DIY sudah memasuki musim kemarau. 

Baca Lainnya: Baru Masuk Awal Musim Kemarau, 150 Hektare Lahan di OKU Sudah Kekeringan

"Paling awal itu terutama Gunung Kidul bagian timur-selatan, kecuali Kecamatan Gedangsari dan Ngawen bagian utara," papar Djoko.

Kemarau juga merambat ke wilayah lainnya seperti Kabupaten Kulon Progo meliputi Temon bagian timur, Kokap bagian timur, Wates, Pengasih, Panjatan, Lendah, Galur, Sentolo, serta Nanggulan, hingga terakhir tiba wilayah Pakem bagian utara atau kawasan Gunung Merapi. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: