Stok Beras Melimpah, Daging Sapi Ditambah, Mentan: Ramadan Aman

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
08 Mei 2018   21:45

Komentar
Stok Beras Melimpah, Daging Sapi Ditambah, Mentan: Ramadan Aman

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Ramadan, pemerintah kompak mengamankan kebutuhan pokok masyarakat. Sama halnya dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian juga sudah mengeluarkan jaminan terkait hal itu.

"Stok semua aman, pangan aman. Kita sudah mempersiapkan dua bulan sebelumnya. Insya allah menghadapi Ramadan bahkan setelah Ramadan, stok pangan kita yang strategis aman," kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman usai panen anak sapi atau pedet di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (7/5).

Baca Lainnya: Mendag: Stok Bahan Pokok Aman, Harga Selisih Seribu Itu Biasa

Ia menjelaskan, untuk kebutuhan beras, stok di Pasar Induk Beras Cipinang, yang menjadi barometer nasional, dinilai lebih dari cukup melebihi standar stok. Bahkan ketika dilihat dari situs resmi Food Station Tjipinang, update stok beras di PIBC tercatat ada sebanyak 40.895 ton. Oleh sebab itu, Amran menilai jumlah stok tersebut melebihi standar aman pemerintah, yakni 25.000 ton.

"Cipinang standar 25 rbu ton per hari. Hari ini itu ada 40 ribu ton. Artinya jauh di atas standar karena minimal, di atas normal kan yaitu suplainya melimpah lebih," kata dia.

Selain beras, Amran juga menyebut, kebutuhan stok daging sapi juga sudah disiapkan pemerintah dengan menambah sekitar 20 sampai 30 persen dari kebutuhan harian biasanya.

"Kalau katakan lah kebutuhan daging 100 ribu ton per bulan, kita tambah 120 ribu atau 130 ribu ton per bulan," tambah dia.

Baca Lainnya: Menilik Persiapan, Pengamanan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan

Sementara itu, di kesempatan berbeda, Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) memprediksi kebutuhan beras pada Ramadan dan Lebaran akan terpenuhi. Pasalnya di sektor pertanian baru saja melakukan Panen Raya padi di sejumlah wilayah.

Ketua Umum Perpadi, Sutarto Alimoeso mengatakan, jika dilihat dari hasil panen raya di seluruh nusantara, seyogyanya pada Mei sampai dengan Juli, ketersediaan beras bisa berada di titik aman. Namun terkait harga, ia yakin harga beras akan berangsur turun. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: