Ditinggal Induk Usai Kena Jerat Pemburu, Anak Gajah Ini Diselamatkan Warga

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Mei 2018   17:15 WIB

Komentar
Ditinggal Induk Usai Kena Jerat Pemburu, Anak Gajah Ini Diselamatkan Warga

Anak gajah yang terkena jerat pemburu usai diselamatkan petugas BKSDA Aceh. (Foto : Foto: Doc/ BKSDA Aceh)

Trubus.id -- Seekor anak gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus) terkena jerat pemburu babi di Gampong Pucok, Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie, sejak, Rabu (2/5) kemarin. Warga yang mendapati anak gajah itu terluka kemudian melaporkannya ke Badan Konservasi Sumber daya Alam (BKSDA) Aceh.

Petugas yang menerima laporan kemudian mendatangi lokasi. Setelah berjuang cukup lama, anak gajah itu pun akhirnya berhasil diselamatkan petugas BKSDA Aceh.

Baca Lainnya: BBKSDA Riau Obati Anak Gajah Liar yang Terluka Karena Jerat Babi

"Selelah mendapat laporan warga, kami langsung menyelamatkan anak gajah itu, setelah berhasil kami selamatkan kemudian anak gajah malang itu dibawa ke PKG di Saree, Aceh Besar, semalam," ucap Sapto Aji Prabowo, Kepala BKSDA Aceh, kepada wartawan, Kamis (3/5).

Sapto membenarkan, dugaan sementara anak gajah itu terkena jerat rusa atau jerat babi yang dipasang oleh warga sekitar. Namun nahas, jerat itu justru mengenai anak gajah malang itu.

Sapto menambahkan, setelah berhasil diselamatkan diketahui, anak gajah itu berjenis kelamin betina. Usianya diperkirakan baru satu tahun. Setelah terjerat, anak gajah itu ditinggalkan rombongannya.

Tak lama kemudian, seorang warga setempat menemukan anak gajah dengan kondisi satu kaki bagian depan yang luka parah terkena jerat. Selanjutnya warga mengevakuasi ke pinggir kampung dan melapor ke Conservation Response Unit (CRU) Kecamatan Manee serta ke BKSD Resort Pidie.

Baca Lainnya: Proyek Pembangunan Jalan Tol Riau Akan Dilengkapi Jalur Khusus Gajah

Pihak Badan Konservasi Suber Daya Alam (BKSDA) Aceh dipimpin Kepala Seksi Wilayah 1, Dedi Irvansyah bersama tim dokter bergerak ke lapangan memeriksa kondisi gajah malang itu.

"Saat ini kondisi cukup stabil, namun sedikit stress karena kerumunan warga. Anak gajah itu kemudian dibawa ke PKG Saree, untuk mendapatkan perawatan intensif. Hewan itu tiba dini hari tadi,” tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Akuaponik

Inovasi   06 Agu 2020 - 14:10 WIB
Bagikan:          
Bagikan: