Tangani Pencemaran Sungai Citarum, Ini Inovasi yang Dilakukan Kemenristekdikti

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
03 Mei 2018   14:30

Komentar
Tangani Pencemaran Sungai Citarum, Ini Inovasi yang Dilakukan Kemenristekdikti

Menristekdikti, M Nasir (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Kondisi Sungai Citarum kini memprihatinkan. Bahkan sungai ini pernah masuk dalam daftar sungai paling tercemar di dunia. Karena itu lah, berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikannya bersih seperti semula.

Namun untuk mengembalikan kondisi sungai Citarum seperti semula bukan perkara mudah. Dibutuhkan kerja sama banyak pihak untuk mewujudkannya. Tak hanya pemerintah, masyarakat dan mahasiswa pun kini dilibatkan.

Baca Lainnya: Karena Ini Citarum Disebut Sebagai Sungai Paling Tercemar di Dunia

Seperti yang dilakukan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) ini contohnya.

Kemenristekdikti baru-baru ini meluncurkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citarum Harum, yang melibatkan perguruan tinggi se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Sungai Citarum ini kan panjangnya 297 kilometer, dan salah satu sungai terkotor di Tanah Air. Permasalahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum ini tidak hanya Jawa Barat yang terkena dampak tetapi juga DKI Jakarta," ujar Menristekdikti, Mohamad Nasir dalam peluncuran KKN Tematik Citarum Harum di Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/5).

Di KKN Tematik tersebut, pihak Kemenristek Dikti akan menugaskan perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dan DKI Jakarta, untuk mengatasi permasalahan yang ada di DAS Citarum.

Terlebih, Nasir menambahkan, di Jawa Barat dan DKI Jakarta, banyak terdapat perguruan tinggi terbaik di Tanah Air.

"Memang permasalahan yang ada di DAS Citarum bertahun-tahun tidak selesai. Nah nanti kita akan adakan lomba dayung juga di Citarum." imbuhnya.

Ia berpesan, supaya KKN tersebut bukan sekedar jalan-jalan, namun juga memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Serta memberikan pendampingan pada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Baca Lainnya: Dalam Perpres, Jokowi Bentuk Tim DAS Citarum, Siapa Saja Anggotanya?

Sementara Kemristek Dikti, akan mengelompokkan kampus-kampus tersebut dalam mengatasi permasalahan yang ada di DAS Citarum.

"Asalkan serius, pasti masalah ini bisa teratasi. Kami yakin dengan kekuatan akademik dan dukungan banyak pihak, maka kita bisa menyelesaikan masalah Citarum ini," papar Rektor Universitas Padjadjaran, Tri Hanggono Ahmad. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: