Ombudsman: Pemerintah Perlu Membentuk Badan Pangan Nasional, Ini Fungsinya

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
28 April 2018   17:00

Komentar
Ombudsman: Pemerintah Perlu Membentuk Badan Pangan Nasional, Ini Fungsinya

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Komisioner Ombudsman RI, Leli Pelitasari mengatakan, pemerintah perlu membentuk Badan Pangan Nasional. Langkah itu bertujuan agar ada badan yang mengatur, mengelola, dan menjaga stabilitas pangan nasional.

Tak hanya mengatur, mengelola dan menjaga, Badan Pangan Nasional ini juga diperlukan untuk memudahkan koordinasi dan sinergi antar sektor.

Baca Lainnya: Jelang Ramadan, Kemendag Jaga Harga Pangan di Pasar Tradisional

"Sebagai mandat undang-undang, maka pemerintah dalam hal ini presiden menjadi wajib membentuk Badan Pangan Nasional. Ini sudah tiga tahun, maka sebetulnya sudah masuk maladministrasi," ujar Lely di Jakarta, Sabtu (28/4).

Diharapkan, badan tersebut itu bisa jadi wadah tunggal dalam mengatur urusan pangan yang terjadi kedepannya.

"Misalnya hari ini Bulog ditugaskan untuk beli terus, tapi di satu sisi kementerian lain memutuskan untuk mengganti raskinnya menjadi bentuk yang lain, sehingga berasnya yang sudah kadung banyak enggak bisa disalurkan," imbuhnya.

Baca Lainnya: Perikanan Melimpah, Sulut Mampu Wujudkan Kedaulatan Pangan

Dari dibentuknya badan ini, juga diharapkan bisa terbentuk sinkronisasi kebijakan antara kementerian, sehingga masing-masing kementerian membuat kebijakan sendiri-sendiri, dan kemudian tidak melihat dari hulu ke hilir secara keseluruhan.

Sementara pemerintah juga diminta agar membuat aturan main dan regulasi yang adil dan tidak bias sektoral serta berpihak pada kepentingan rakyat. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: