30 Juta Orang, Terlibat Dalam Simulasi Tanggap Bencana di HKB 2018

TrubusNews
Syahroni
26 April 2018   14:45 WIB

Komentar
30 Juta Orang, Terlibat Dalam Simulasi Tanggap Bencana di HKB 2018

Simulasi bencana di kantor BNPB, Kamis (26/4). (Foto : Foto: Doc/ BNPB Indonesia)

Trubus.id -- Guna memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2018 yang jatuh pada hari ini (26/4), 30 juta orang terlibat dalam simulasi tanggap bencana yang digelar di berbagai daerah.

Dalam keterangan persnya, Kamis (26/4), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei mengatakan, peserta yang terlibat tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Lainnya: Hari Kesiapsiagaan Bencana, Pemkot Sukabumi Gelar Simulasi Evakuasi

"Tahun lalu hanya diikuti 10 juta orang. Itu menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bencana semakin meningkat," jelas Willem dalam jumpa persnya.

Ia menambahkan, simulasi menghadapi bencana merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan budaya sadar bencana di masyarakat.

Menurut hasil survei Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, sekitar 86 persen warga Indonesia tidak pernah latihan menghadapi bencana dalam 5 tahun terakhir.

"Pelatihan menghadapi bencana harus terus menerus dilakukan, tidak hanya saat Hari Kesiapsiagaan Bencana. Jutaan orang Indonesia tinggal di daerah rawan bencana," katanya lagi.

Willem menambahkan, keikutsertaan puluhan juta orang dalam kegiatan ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak, termasuk kementerian/lembaga, TNI/Polri hingga organisasi pegiat kemanusian. 

Baca Lainnya: Gotong Royong, Kunci Keberhasilan Penanggulangan Bencana

Bahkan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sampai menerbitkan surat instruksi mengenai penyelenggaraan simulasi menghadapi bencana di kantor-kantor jajaran yang ada di bawahnya. 

Karena itu juga lah, pencapaian jumlah partisipasi ini melebihi target 25 juta masyarakat yang telah ditetapkan BNPB. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: