Impor 500 Ribu Ton Beras, Hanya untuk Cadangan Bulog

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 0
  :

Komentar

Trubus.id --Belum lama ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali mengeluarkan izin impor beras kepada Perum Bulog. Kemendag mengizinkan Bulog kembali mengimpor beras sebanyak 500.000 ton. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti mengatakan, tambahan izin impor beras sebanyak itu akan didatangkan dari Vietnam dan Thailand guna meningkatkan stok beras Bulog.

Baca Lainnya : Mentan: Jelang Ramadan, Bulog Masih Simpan 1 Juta Ton Beras

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai BUMN yang bertugas menjaga ketersediaan pangan, Bulog‎ harus memiliki stok yang cukup dalam mengantisipasi lonjakan harga pangan seperti beras.

"Bulog harus punya cadangan beras yang mencukupi, jadi supaya bisa cukup sebagai buffer stok," ungkapnya kepada wartawan di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/5).

Meski saat ini Bulog memiliki stok beras lebih dari 1 juta ton, Tjahja mengatakan jika stok yang ada tersebut bisa saja digelontorkan sewaktu-waktu dalam rangka mengendalikan harga. Terlebih saat Ramadan seperti sekarang di mana permintaan pangan cenderung akan meningkat.

"Ini untuk menjaga saja supaya kita lebih kuat lagi," tambahnya.

Baca Lainnya : Mendag Akan Tindak Pedagang yang Menjual Beras di Atas HET

Meski demikian, Kemendag juga akan terus memastikan harga beras nasional terkendali. Bahkan ia mengklaim kalau kini sebagian besar beras di pasaran sudah dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Kemendag.

“Berdasarkan hasil pengamatan Kemendag di 34 provinsi harga beras sudah mencapai HET,” ujar Tjahja.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Longsor di Chongqing, 5 Orang Tewas

by Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: